Sabtu 10 May 2014 13:45 WIB

IMF Sangat Berharap Ukraina Hormati Komitmennya

Red: Nidia Zuraya
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.
Foto: AP
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

REPUBLIKA.CO.ID, RABAT -- Ketua Dana Moneter Internasional Christine Lagarde pada Jumat (9/5) mengatakan, ia sangat berharap Ukraina akan menghormati komitmennya terkait paket bantuan 17 miliar dolar AS yang disepakati bulan lalu.

IMF mengatakan dalam sebuah laporan pekan lalu bahwa program penyelamatan harus dirancang ulang, jika Kiev kehilangan kendali di wilayah timur yang penting secara ekonomi kepada separatis pro-Rusia, yang sedang mempersiapkan referendum di kota-kota Ukraina bagian timur pada Ahad (11/5) besok. "Kami mengikuti situasi sangat cermat dan kami sangat berharap pemerintah Ukraina akan menghormati komitmen-komitmen program," kata Lagarde di Rabat, Maroko.

Dia menegaskan Kiev telah menerima pencairan bantuan IMF tahap pertama sebesar 3,2 miliar dolar AS. "Apa yang bergantung pada kami adalah penentuan pihak berwenang untuk menghormati komitmen mereka dan melaksanakannya," kata Lagarde.

"Selain mendukung perekonomian Ukraina, program berfungsi sebagai katalis untuk mendukung ... lembaga keuangan lain atau mitra dalam rencana bilateral," tambahnya.