Ahad 08 Jun 2014 14:02 WIB

Drainase Ditutup, Jalan di Sukabumi Cepat Rusak

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
Jalan rusak
Foto: Antara
Jalan rusak

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Kerusakan jalan terlihat di sejumlah titik di Kabupaten Sukabumi. Salah satu penyebabnya dikarenakan adanya saluran air atau drainase yang ditutup.‘’Jalan rusak sebagian dikarenakan adanya saluran air yang ditutup,’’ ujar Kepala Balai Pengelolaan Jalan (BPJ) Wilayah Pelayanan Sukabumi, Dinas Bina Marga Jabar, Eryanto kepada wartawan akhir pekan lalu.

Pasalnya, air yang seharusnya masuk saluran air terpaksa mengalir ke jalan.Seharusnya kata Eryanto, drainase tersebut tidak ditutup untuk menampung air. Sehingga jalan yang ada di sekitarnya tidak cepat rusak.Selain disebabkan drainase lanjut Eryanto, kerusakan jalan akibat dilintasi kendaraan yang melebihi beban jalan.

Saat ini jalan di Sukabumi hanya bisa dilalui kendaraan dengan muatan sumbu terberat (MST) delapan ton. Namun, pada kenyataannya jalanan di Sukabumi dlintasi truk pasir yang memuat 40 ton. Dampaknya, jalan di Sukabumi cepat rusak terutama di lintasan truk pasir Kecamatan Sukalarang dan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۚ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًاۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ اُنْظُرُوْٓا اِلٰى ثَمَرِهٖٓ اِذَٓا اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكُمْ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ
Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

(QS. Al-An'am ayat 99)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement