Ahad 05 Oct 2014 22:45 WIB

Cina Ingin Jalur Laksanama Cheng Ho Dibuka Kembali

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Agung Sasongko
Selat Malaka
Foto: .
Selat Malaka

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pemerintah Indonesia mendapat tantangan dari pemerintah Cina. Negeri tirai bambu tersebut juga mengusulkan pembentukan alur perdagangan jalur sutera maritim abad 21. Jalur tersebut, membuka alur perdagangan laut Laksamana Cheng Ho.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, mengatakan, mengatakan, sudah lama Cina mengusulkan jalur perdagangan laut Laksamana Cheng Ho itu dibuka. Hal itu, guna memermudah perdagangan. Jalur yang akan dibangun ini, meliputi Laut China selatan, Palembang, Malaka, India dan Timur Tengah.

"Dulu, jalur perdagangan ini sangat terkenal. Makanya, Cina ingin jalur ini kembali diaktifkan," ujar Bayu, akhir pekan kemarin.

Selain untuk memermudah perdagangan, lanjutnya, pengaktifan lagi jalur ini sebagai upaya menghidupkan kembali keterikatan maritim antara Cina-Indonesia.  Akan tetapi, usul tersebut masih dalam pembahasan. Jadi, Indonesia belum menyepakatinya.

Menurut Bayu, bisa saja usul Cina itu diperhitungkan. Mengingat,Cina merupakan  motor penggerak pada ekonomi global ASEAN-China Free Trade pada 2015-2025 mendatang. Jadi, usulan ini harus diperhatikan juga.

Namun, Indonesia juga tak akan menelan bulat-bulat usulan itu. Karena, perlu pembahasan efek negatif dan positif bila jalur perdagangan zaman dulu itu kembali dibuka.

"Kita harus, memaksimumkan kepentingan nasional. Tapi, kita juga tidak apriori terhadap usulan Tiongkok tersebut," ujarnya.

Menurut Bayu, usulan Cina ini sebagai langkah untuk menutup golden decade dan memasuki diamond decade. Meski demikian, Indonesia tetap harus memiliki strategi untuk menghadapi semuanya. Apalagi, usulan-usulan Tiongkok tersebut untuk mendorong perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik.

"Jadi, kita tetap harus waspada serta dan menyiapkan antisipasi sejak dini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement