Rabu 15 Oct 2014 11:31 WIB

Gawat, Enam Komandan Taliban Bersumpah Setia kepada ISIS

Rep: C64/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Pejuang Taliban di kawasan tribal Pakistan.
Foto: AP/Ishtiaq Mehsud
Pejuang Taliban di kawasan tribal Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Dikabarkan enam komandan kunci Taliban Pakistan telah mengucapkan sumpah  setia kepada ISIS, kemarin. Keenam orang itu termasuk juru bicara Tehrik e Taliban, seorang konglomerat dari kelompok pemberontak Pakistan itu.

Seperti yang dilaporkan Anadolu Agency, Selasa (14/10), Shahidullah Shahid, juru bicara Taliban Pakistan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia bersama kelima komandan kunci Taliban lainnya, telah berjanji setia kepada Abu Bakr Al-Baghdadi, Khalifah dunia Muslim.

"Nama saya Abu Umer Maqbool Khurrasni dan orang-orang mengenal saya sebagai Shahidullah Shahid. Saya bersumpah demi Khaifah Muslim, Abu Bakr Al-Baghdadi. Aku akan mendengarkan dan mengikuti perintah nya, apakah aku suka atau tidak menyukuainya," pernyataan sumpah Shahid.

Menurut pernyataan yang ditulis dalam bahasa Urdu itu, didalamnya tercantum pula beberapa butir ayat-ayat Al-Quran. Dikatakan, kelima komandan yang menyatakan sumpah itu adalah Kepala Distrik Khyber Fateh Gul Zaman, Kepala ditrik Orakzai Saeed Khan, Kepala distrik Kurram Daulat Khan, Kepala distrik Peshawar Musfti Mohammad Hassan, Kepala distrik Hangu Khalid Mansoor.

Keenam orang itu menyatakan sumpah setia sedangkan pemimpin dan kelompok itu tidak melakukannya.

"Janji kesetian itu bukan dari Taliban Pakistan atau pemimpinnya Mullah Fazullah. Tetapi, dari saya dan lima komandan lainnya," jelasnya.

Ia menegaskan, meskipun Pemimpin Taliban Pakistan, Mullah Fazlullah m mendukung perjuangan ISIS, tetapi ia tidak berjanji setia kepada ISIS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement