Sabtu 08 Nov 2014 01:00 WIB

Dukung Persib, Bobotoh Bertelanjang Dada

Rep: Maspriel Aries/ Red: Bilal Ramadhan
Bobotoh rindu Persib juara.
Foto: Arief Maulana Hasan
Bobotoh rindu Persib juara.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG-- Stadion Gelora Sriwijaya di komplek Jakabaring Sport City (JSC), Jumat malam (7/1) milik warga Bandung atau Jawa Barat (Jabar). Stadion yang memiliki kapasitas 40 ribu orang hampir 75 persen dari kapasitas tersebut diisi para pendukung Persib yang disebut “bobotoh”.

Walau terkena sanksi larangan dari PSSI untuk tidak mengenakan atribut Persib, para bobotoh bersama Viking mengisi seluruh kursi di tribun timur dengan bertelanjang dada. Mereka bersemangat memberikan dukungan.

Sementara para suporter dan pendukung Persipura yang berjuluk Persipuramania menempati lantai dua tribun barat. Dukungan bobotoh pun tidak sia-sia datang jauh-jauh dari Bandung menempuh perjalanan darat ke Palembang akhirnya Persib pun juara setelah dahaga gelar juara kasta tertinggi sepakbola Indonesia selama hampir 20 tahun.

Pada pertandingan final melawan Persipura, Persib Bandung menang lewat drama adu pinalti dengan skor 5–3 setelah pada waktu normal dan perpanjangan waktu skor berakhir 2–2. Dalam adu pinalti, lima pemain Persib yang menjadi algojo berhasil menyarangkan bola ke gawang Persipura yang dikawal penjaga gawang Dede Sulaiman.