Jumat 28 Nov 2014 18:06 WIB
Hamas Indonesia

Ini Sikap DPR atas Keinginan Hamas Buka Perwakilan di Jakarta

Rep: c73/ Red: Joko Sadewo
Anggota Brigade al-Qassam, sayap militer Hamas.
Foto: AP Photo
Anggota Brigade al-Qassam, sayap militer Hamas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menanggapi permintaan delegasi organisasi Hamas Palestina yang dipimpin oleh Abu Umar Muhammad, untuk membuka kantor perwakilan Hamas di Jakarta. Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, DPR mendukung hal itu jika pemerintah telah mendukung.

"Kalau pemerintah sudah mendukung dan DPR dukung, ini sangat memudahkan rencana pembuatan kantor di Jakarta. Saya sekali lagi  terima kasih, dan mendo'akan semoga delegasi Hamas ini bisa selesaikan dengan cepat dan kami mendukung," kata Setnov di hadapan pimpinan DPR lainnya dan delegasi Hamas di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (28/11).

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan sampai kapan pun Indonesia akan bersama-sama Palestina. Hal itu menurutnya, sebagaimana disebutkan dalam pembukaan UUD 1945. Di mana, tertulis bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Hal itu adalah komitmen founding fathers bangsa Indonesia, katanya.

Karena itulah, menurutnya, harus ada perhatian dari dunia bahwa penjajahan Israel di Palestina harus dihapuskan. Ia mengatakan, Indonesia adalah pihak pertama yang paling perhatian terhadap bantuan kemanusiaan di Gaza.

"Ada dokter, pengacara, mereka menginginkan kita sebagai bangsa terus memberikan dukungan dan bantuan. Karena mereka sadar, Indonesia adalah kakak mereka karena mayoritas muslim ada di Indonesia," kata Fahri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement