Rabu 14 Jan 2015 23:42 WIB

Target Selesai 2014, Pemindahan Dana Haji Masih Berjalan

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Jamaah haji melakukan sujud syukur saat tiba di bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (5/11)
Foto: Republika/Tahta Aidillah
Jamaah haji melakukan sujud syukur saat tiba di bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (5/11)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemindahan dana haji dari bank-bank konvensional ke bank-bank syariah yang rencananya rampung sejak Juni 2014, masih berjalan.

Corporate Secretary Bank Syariah Mandiri (BSM), Taufik Machrus menyampaikan perpindahan dana haji dari Bank Mandiri ke Bank Syariah Mandiri hampir selesai. Prosesnya sendiri berjalan lancar tanpa kendala.

Mekanisme perpindahan dana haji juga mengikuti ketentuan yang ditetapkan Kementerian Agama.

''Mengenai jumlah dana, kami menyapaikan tidak berwenang mengungkap itu,'' ungkap Taufik melalui surat elektronik kepada ROL, Rabu (14/1).

Untuk target setoran dana haji, BSM berharap bisa tumbuh 10 persen dari posisi tahun 2014 di mana BSM menghimpun sekitar 148 ribu calon jamaah haji.

Corporate Secretary Bank Muamalat, Irfan Lesman, menyanpaikan belum bisa menginformasikan besaran dan proses pemindahan dana haji karena sampai saat ini proses masih berjalan.

Tentang besaran setoran dana haji pada 2015 ini, Bank Muamalat menargetkan tumbuh mencapai Rp 1 triliun.

Proses pemindahan yang masih berjalan meleset dari target waktu yang direncanakan. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag sempat menyampaikan pemindahan dan pengelolaan dana haji ditargetkan selesai pindah dari bank konvensional ke bank syariah Juni 2014 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement