Senin 16 Mar 2015 06:24 WIB

Ekonomi Sulit, Sejuta Warga Brasil Minta Presiden Tanggung Jawab

Rep: Gita Amanda/ Red: Dwi Murdaningsih
Dilma Rousseff
Foto: Reuters/Ueslei Marcelino
Dilma Rousseff

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Lebih dari satu juta warga Brasil menggelar aksi protes pada Ahad (15/3) lalu. Mereka meminta pertanggungjawaban Presiden Dilma Rousseff atas melemahnya perekonomian, kenaikan harga dan dugaan korupsi di negara tersebut.

Kantor berita Reuters melaporkan pada Ahad, pawai yang berlangsung di seluruh negeri datang dalam upaya memprotes kelesuan ekonomi dan politik di Brasil,. Stagnansi ekonomi dan skandal korupsi bernilai miliaran dolar di perusahaan energi milik negara Petroleo Brasileiro SA atau Petrobas, memicu kemarahan warga.

Dalam pernyataanya pada Sabtu (14/3), Rousseff mengatakan ia mendukung hak-hak para demonstran. Ia mengatakan berharap demonstrasi digelar bertepatan dengan ulang tahun ke tiga puluh berakhirnya kediktatoran militer. Ini menurutnya akan menggambarkan kematangan demokrasi Brasil.

Aksi demo Ahad lalu serupa dengan yang terjadi dua tahun lalu, saat jutaan warga Brasil memprotes pengeluaran miliaran dolar untuk menjadi tuan rumah dalam perhelatan Piala Dunia 2014. Namun demo Ahad masih relatif lebih tenang dan meriah.

"Orang-orang merasa dikhianati," kata salah seorang warga Diogo Ortiz yang menyebut skandal Petrobas sebagai aib nasional dan internasional.

Sebelumnya ribuan warga Rio de Janeiro turun ke kota Copacabana. Sebagian besar dari mereka berpakaian biru, hijau, kuning yang melambangkan bendera Brasil. Massa saat itu menyanyikan lagu kebangsaan dan menyerukan presiden Rousseff untuk berhenti dari jabatannya. Banyak dari pengunjuk rasa berasal dari kelas kaya di negara itu, yang menentang Partai Buruh berkuasa.n Gita Amanda

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement