Kamis 30 Apr 2015 05:00 WIB

Menkeu: Jangan Utamakan Utang

Rep: C85/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (17/2).
Foto: Republika/Prayogi
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (17/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintahan Presiden Joko Widodo pada tahun anggaran 2016 mendatang menargetkan untuk bisa menekan defisit anggaran sebesar 1,8 persen dari produk domestik bruto atau PDB dari sebelumya 1,9 persen.

Untuk mencapai angka tersebut, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyebut akan menggenjot penerimaan negara khususnya dari sektor pajak dan bukan pajak. Dia mengatakan, pemerintahan saat ini harus mulai menghilangkan ketergantungan akan utang.

Bambang meyakini saat ini rasio utang terhadap PDB tergolong kecil. Namun utang ini jika tidak diantisipasi, lambat laun membesar dan bisa membahayakan ekonomi. Melihat banyaknya target pembangunan pemerintahan Joko Widodo, Bambang menyarankan agar pemerintah mengupayakan pembiayaan pembangunan dari penerimaan negara.

“Dan kalau ada kekurangan baru ditutup dengan utang. Jadi, jangan utang yang me-lead segalanya,” kata Bambang, Jakarta, Rabu (28/4).

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno mengatakan baru saja BUMN mendapatkan fasilitas pinjaman untuk proyek infrastruktur dari China Development Bank dan ICBC dengan total pinjaman sebesar 50 miliar dollar AS. Dana sebesar ini termasuk juga untuk mewujudkan pembangunan tol trans sumatra dan jalur kereta dekat Jakarta - Bandung.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement