Rabu 13 May 2015 13:06 WIB

Jokowi Minta Pemda Kembangkan Potensi Daerah

Red: Ani Nursalikah
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat acara Silaturahim Pers Nasional Audtorium TVRI, Jakarta, Senin (27/4) malam WIB.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat acara Silaturahim Pers Nasional Audtorium TVRI, Jakarta, Senin (27/4) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (Pemda) membangun dan mengembangkan identitas dan karakter daerahnya untuk menarik investasi ke wilayahnya.

"Membangun karakter kabupaten sangat penting, membangun identitas sebuah kabupaten sangat diperlukan dalam bidang investasi," kata Jokowi saat menghadiri acara pembukaan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) International Trade and Investment Summit (AITIS) 2015 di JIExpo, Kemayoran, Rabu (13/5).

Ia mengatakan banyak daerah tidak mengembangkan potensi daerahnya, namun justru mengembangkan komoditas lain yang tidak ada di daerahnya. Misalnya, suatu daerah mempunyai komoditas cokelat tapi justru menawarkan investasi komoditas lainnya.

"Komunikasi yang baik daerah dan pusat sangat diperlukan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, ia juga meminta pemda tidak terjebak pada rutinitas birokrasi sehingga bisa membangun kebijakan strategis di daerahnya.

"Banyak sekali kekuatan ekonomi di daerah yang tidak terangkat dengan baik karena pemdanya terjebak ke rutinitas, saya melihat banyak sekali yang ditawarkan ke investor," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement