'Waspadai Diare Usai Lebaran'

Red: Agung Sasongko

Senin 13 Jul 2015 14:23 WIB

Penyakit diare (ilustrasi). Foto: xamthon.net Penyakit diare (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat mengatakan warga harus waspada terhadap penyakit diare usai Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah/Lebaran 2015 Masehi.

"Biasanya hari Lebaran itu masyarakat selalu makan makanan 'babancak' (makanan sisa yang dihangatkan kembali). Itu yang menyebabkan diare. Jadi saya minta warga agar waspada terhadap diare usai Lebaran nanti," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Alam Lucyati, di Bandung, Senin (1/7).

Ia menuturkan, diare menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai terutama setelah Lebaran nanti.

"Saat lebaran kan biasanya banyak makanan bersantan, pedas dan lain-lain. Terlebih makan makanan yang dipanaskan dan dicampur-campur, sehingga memungkinkan makanan terkontaminasi dan menyebabkan diare," kata dia.

Oleh karena itu, untuk mencegah terkena diare pihaknya meminta masyarakat untuk memperhatikan kebersihan seperti mencuci tangan dan cari makanan yang tertutup rapi. "Dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih dan menjaga asupan makanan. Insya Allah kita bisa terhindari dari penyakit-penyakit pasca Lebaran," kata dia.

Terpopuler