Selasa 21 Jul 2015 16:55 WIB

Enam Simbol Hubungan AS-Kuba di Havana (2-Habis)

Rep: c07/ Red: Ani Nursalikah
Monumen elang untuk memperingati korban USS Maine di Havana, Kuba. Patung elang tersebut kini telah hancur.
Foto: secretoscuba.cultureforum.net
Monumen elang untuk memperingati korban USS Maine di Havana, Kuba. Patung elang tersebut kini telah hancur.

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA -- Amerika Serikat dan Kuba memasuki babak baru dalam hubungan diplomatik kedua negara. Hal itu ditandai dengan dibukanya kedutaan besar Kuba di Washington DC. Bendera Kuba pun berkibar untuk pertama kalinya di negara tersebut pada Senin (20/7).

Namun, setiap pengunjung ke ibu kota Kuba, Havana dapat melihat hubungan antara kedua negara berjalan panjang dan mendalam. Banyak sekali atraksi yang menampilkan budaya dan sejarah Amerika.

Meskipun selama lima dekade bermusuhan, beberapa situs bahkan menampilkan secara gamblang budaya Amerika. Berikut merupakan situs kebudayaan Amerika di Kuba.

Enam Simbol Hubungan AS-Kuba di Havana (1)

4. Mafia, bintang film dan pemain baseball

Banyak hotel menampilkan gambar dan cerita dari masa kejayaan pra-revolusioner Havana sebagai taman bermain glamor untuk mafia, bintang film dan pemain baseball.

Hotel Plaza Lobby bahkan memamerkan foto seperti Nat King Cole. Menurut sejarah resmi, Frank Sinatra dan Fred Astaire mencatat pada 1946, The Nacional  adalah tempat pertemuan bos mafia bos. Pertemuan tersebut kemudian mengilhami bagian dari film The Godfather: Part II.

Foto hitam putih juga menghiasi Sloppy Joe, bar Old Havana yang sering dikunjungi oleh Hemingway dan selebritis lainnya. Selain itu, disertakan pula sepotong budaya Inggris, buku dan film "Our Man in Havana", cerita dari Sloppy Joe Graham Greene tentang agen mata-mata.

5. John Lennon

John Lennon adalah seorang musisi dari Inggris tetapi New York menganggap dia salah satu dari mereka sendiri. Lennon hidup dan mati di Manhattan. Salah satu taman tercantik Havana bernama John Lennon Park, memiliki bangku di mana fans bisa berpose dengan patung  Lennon. Terdapat pula kutipan dari lagu Lennon "Imagine" di taman tersebut.

6. Kapal Perang USS Maine

Kapal perang USS Maine hancur dalam sebuah ledakan di Pelabuhan Havana pada 1898 yang menewaskan 266 orang.

Sebuah monumen berbentuk elang perang perunggu Maine ada di pantai Havana. Namun, elang perunggu yang dinobatkan monumen itu dihancurkan kepalanya dan diturunkan selama protes antiAS pada 1961. Kepala burung kini disimpan di dalam misi diplomatik yang menjadi Kedutaan Besar AS. Sisa tubuh elang berada di kantor sejarawan kota Havana.

Beberapa orang mengatakan hubungan AS-Kuba akan sepenuhnya normal ketika elang tersebut disatukan kembali dan kembali menjadi monumen mahkota.

sumber : AP
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement