Senin 17 Aug 2015 15:53 WIB

Beban Tuan Rumah Piala Presiden

Rep: Ali Mansur/ Red: Citra Listya Rini
Logo Piala Presiden
Foto: persib
Logo Piala Presiden

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Empat tim dari 16 tim peserta Piala Kemerdekaan berstatus sebagai tuan rumah. Keempat tim tersebut Persib Bandung, Arema Cronus dan PSM Makassar. Meski memiliki sedikit keuntungan dengan menyandang bermain didepan pendukungnya sendiri, tapi itu tak bisa menjamin langka mereka mulus ke babak selanjutnya.

PSM Makassar misalnya enggan meremehkan tim-tim lawan. Sebab semua kontestan pasti melakukan persiapan matang untuk tampil di Turnamen Piala Presiden. PSM Makassar sendiri tergabung di Grup D bersama Pusamania Borneo FC, Gersik United, dan Persipasi Bandung Raya (PBR).

Grup D berbeda dengan ketiga grup lainnya, di mana grup ini tidak ada perwakalin dari tim kasta kedua, Divisi Utama (DU). Sehingga kekuatan tim di grup cukup merata. “Memang menjadi tuan rumah ada untungnya, tapi kami juga memiliki beban. Tak ada jaminan tapi kami harus optimis lolos dari fase grup," kata Direktur Tehnik PSM, Sumirlan, saat dihubungi melalui seluler,  Senin (17/8).

 

Sumarlin menambahkan ketiga kontestan berpotensi menghadang laju PSM Makassar di babak penyisihan. Contohnya, Borneo FC, tim promosi itu memiliki materi pemain yang patut diwaspadai. Di lini belakang, diperkuat pemain belakang yang berpengalaman, Hamkah Hamzah.

Bahkan, Pesut Etam baru saja mendaratkan eks kapten PSM Makassar, Ponaryo Astaman. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu diyakini Sumirlan bakal membuat Borneo FC semakin tangguh.

Arema Cronus yang telah melakukan pertandingan sebelum kick off Piala Presiden, masih ingin menggelar beberapa laga lagi. Laga-laga di turnamen Sunrise of Java (SoJ) beberapa waktu lalu, dan mengalahkan Persib Bandung di laga persahabatan belum memuaskan General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Dia menilai penampilan Singo Edan belum ideal untuk dijadikan sebagai acuan untuk terjun di Piala Presiden yang bakal dimulai 30 Agustusn mendatang. Bahkan sebelum Arema tampil di ajang Piala Proklamasi melawan Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung pada Sabtu (22/8), mereka akan mengagendakan satu pertandingan ujicoba.

Kemudian, jawara ISL 2014 Persib Bandung juga harus berhati-hati atas tiga lawannya, tak terkecuali tim perwakilan dari DU, Martapura FC. Pemain tengah Persib, Muhammad Taufik menyatakan timnya harus menjaga kewaspadaan penuh meski menjadi tuan rumah Grup A Piala Presiden.

Menurutnya tiga tim yang akan dihadapi Persib pasti memiliki motivasi besar untuk menjegal Maung Bandung untuk menjadi juara grup. Bahkan dengan status tuan rumah yang disandang tuan rumah membuat Persiba Balikpapan, Persebaya Surabaya dan Martapura FC bakal punya adrenalin menyingkirkan  Maung Bandung dari ajang Piala Presiden.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 4 3 1 0 8 6 10
2 PSM Makassar PSM Makassar 4 3 1 0 8 6 10
3 Persija Persija 3 2 1 0 5 4 7
4 Persita Persita 3 2 1 0 2 2 7
5 Bali United Bali United 4 2 1 1 5 2 7

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement