Selasa 18 Aug 2015 18:23 WIB

Evakuasi WNI di Negara Konflik, Indonesia Sampaikan 'Terima Kasih'

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ilham
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 97 orang dianugerahi penghargaan atas perannya dalam evakuasi warga negara Indonesia di Yaman dan Nepal. Penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L. P Marsudi di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Indonesia, Selasa (18/8).

Penganugerahan penghargaan diberikan sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada mereka yang berperan menyelamatkan saudaranya dalam serangan dan bencana. Tim utama operasi evakuasi WNI dari Yaman yang menerima penghargaan diantaranya Duta Besar (Dubes) RI Sana'a, Dubes RI Addis Ababamerangkap Djibouti, Dubes RI Oman, KUAI KBRI Riyadh, Konsul Jenderal RI Jeddah, Konsul Kehormatan RI di Djibouti dan International Committee of the Red Cross (ICRC) di Aden.

Sedangkan, Tim utama operasi evakuasi WNI dari Nepal meliputi Dubes RI Dhaka merangkap Nepal serta Konsul Kehormatan RI di Kathmandu. Penghargaan juga diberikan kepada tim pendukung dari Kementerian Luar Negeri, personil TNI AU, dan personil polisi.

Seperti diketahui, Perang di Yaman sejak adanya serangan udara pasukan koalisi Arab Saudi pada 26 Maret telah membuat kondisi genting dan mengancam WNI di sana. Begitu juga dengan gempa bumi di Nepal pada 25 April lalu.