Ahad 11 Oct 2015 12:56 WIB

Tiga Negara Mulai Padamkan Kebakaran Hutan

Rep: C20/ Red: Angga Indrawan
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho
Foto: Antara
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim gabungan operasi udara dari Indonesia, Singapura dan Malaysia mulai bersama-sama memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatra Selatan. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ada tujuh helikopter dan tiga pesawat fix wings yang akan melakukan water bombing. 

"Tim gabungan dari tiga negara mulai padamkan api di Sumateran Selatan," kata Sutopo di Gedung BNPB, Jakarta, Ahad (11/10). 

Sutopo menjelaskan tujuh heli dan empat pesawat tersebut terdiri dari enam heli milik BNPB, satu heli dari Singapore, dua pesawat Air Tractor dari Kementerian LHK, satu pesawat hujan buatan BNPB, dan satu pesawat Bombardir dari Malaysia. 

"Pemerintah Malaysia telah mengirimkan satu pesawat jenis Bombardir 415 MP dengan kapasitas enam ton. Cara loading air dengan scooping di laut," ujar Sutopo. 

Sutopo mengatakan pesawat tersebut akan beroperasi selama lima hari. Setelah itu, lanjut Sutopo, Malaysia akan melihat situasi apakah ditarik pulang atau diperpanjang.

"Singapura juga telah mengirimkan satu Heli Chinook dengan kapasitas lima ton yang tiba. Heli itu akan dioperasikan selama 13 hari mulai hari ini," katanya. Ia menambahkan, operasi tersebut dikonsentrasikan di daerah Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement