Jumat 30 Oct 2015 14:35 WIB

Komandan Cina: Insiden Kecil Bisa Picu Perang dengan AS

Red: Teguh Firmansyah
Cina menggelar latihan militer selama enam hari di Laut Cina Selatan beberapa waktu lalu.
Foto: Antara
Cina menggelar latihan militer selama enam hari di Laut Cina Selatan beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, Komandan Angkatan Laut Cina memperingatkan rekannya dari Amerika Serikat, insiden kecil dapat memicu perang antarkedua negara di Laut Cina Selatan jika Paman Sam tidak menghentikan aksi provokatifnya.

Pernyataan itu disampaikan, Laksamana Wu Shengli saat berbicara dengan kepala operasi Angkatan Laut Amerika Serikat Laksamana John Richard melalui konferensi video.

Ini merupakan salah satu peringatan paling keras setelah insiden mendekatnya kapal militer AS di pulau sengketa Spratly yang diklaim Cina, Selasa lalu. Bagi Cina, AS telah melanggar kedaulatan mereka.

"Jika AS melanjutkan tindakan berbahaya ini, aksi provokasi, maka akan ada situasi serius di garis depan kedua pihak di lautan dan udara, bahkan insiden kecil dapat memicu perang," ujar Wu.  "Kami harap AS bisa menghargai hubungan baik Angkatan Laut kedua negara, dan menghindari insiden seperti ini lagi."

Sebelumnya pejabat AS mengatakan, kepala Angkatan Laut AS setuju untuk berdialog dan mengikuti protokol sehingga tidak terjadi bentrokan. AS selama ini bersikukuh, patroli mereka di Laut Cina Selatan telah sesuai  dengan prosedur.

Laut Cina Selatan menjadi perebutan sejumlah negara. Selain Cina, ada Filipina, Vietnam, Malaysia dan Brunesi Darussalam yang memperebutkan wilayah itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement