Ahad 01 Nov 2015 22:46 WIB

TMC Berhasil Turunkan Miliaran Kubik Hujan

Red: Julkifli Marbun
Hujan
Foto: freespeakplanet.wordpress.com
Hujan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah berhasil menurunkan 83,72 miliar meter kubik air hujan selama 2015 dengan bahan semai 350 ton garam.

"Sedangkan seminggu terakhir telah berhasil dijatuhkan hujan sebanyak 21,3 miliar m3, meliputi Riau, Sumsel, Kalbar, Kalsel dan Kalteng," kata Kepala BPPT Unggul Priyanto kepada wartawan di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim PK di Jakarta, Ahad (1/11).

Unggul mengatakan, sebenarnya BPPT telah memulai TMC sejak 22 Juni di Riau selama beberapa hari, dilanjutkan ke Sumsel pada Juli, Jambi pada September, Kalbar pada Agustus dan Kalteng serta Kalsel mulai 15 Oktober dengan menggunakan empat pesawat yakni satu unit CN 295 dan dua Casa 212-200 milik TNI serta satu milik Pelita.

Pelaksanaan TMC, ujar Unggul, selain tergantung dari keberadaan awan yang berpotensi hujan, juga sangat terkendala oleh keterbatasan pesawat, sementara pesawat BPPT hanya satu yang bisa dipakai, empat lainnya dalam perbaikan.