Kamis 17 Dec 2015 18:59 WIB

Sepp Blatter Hadiri Persidangan Dirinya

Red: Citra Listya Rini
Sepp Blatter
Foto: AP/Ennio Leanza/Keystone
Sepp Blatter

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH  --  Presiden FIFA yang terkena skors Sepp Blatter mendatangi markas besar badan sepak bola dunia itu pada Kamis, untuk menjawab tuduhan-tuduhan korupsi di tengah laporan bahwa Swiss membekukan dana lebih dari 50 juta pada akun-akun yang dicurigai terlibat dengan penyuapan-penyuapan sepak bola.

Blatter, yang bersama dengan wakil presiden Michel Platini, menghadapi ancaman skors untuk kurun waktu yang panjang, tiba di markas FIFA di Zurich dengan menggunakan mobil Mercedes hiyam dan tidak memberi komentar apapun ketika ia memasuki gedung.

Sebelum persidangan, Blatter (79), menulis surat kepada 209 anggota FIFA yang meminta agar para investigator komisi etik FIFA diperiksa. Blatter berada di bawah investigasi kriminal di Swiss terkait pembayaran senilai dua juta franc Swiss yang diberikan kepada Platini pada 2011 untuk pekerjaan-pekerjaan yang telah diselesaikan satu dekade sebelumnya.

Kasus Platini akan disidangkan pada Jumat, namun ia telah berkata akan memboikot persidangan. Bagaimanapun, para pengacaranya akan menghadiri persidangan itu. FIFA telah terperosok dalam sejumlah skandal korupsi pada tahun ini, yang memainkan peran kunci dalam pengumuman Blatter pada Juni bahwa ia akan mengundurkan diri ketika pemilihan presiden baru dilakukan pada Februari.