Rabu 30 Dec 2015 12:51 WIB

Cina dan Taiwan Akhirnya Miliki Sambungan Telepon Langsung

Red: Ani Nursalikah
Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Taiwan Ma Ying Jeou.
Foto: Wantchinatimes.com
Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Taiwan Ma Ying Jeou.

REPUBLIKA.CO.ID,  BEIJING -- Cina dan Taiwan mulai mengoperasikan sambungan telepon langsung di antara kedua negara pada Rabu (30/12).

Sambungan telepon dipasang sebagai sebuah langkah untuk membangun kepercayaan dan mengurangi ketegangan, dengan para pejabat senior saling bertukar ucapan selamat Tahun Baru. Langkah tersebut disetujui pada saat sebuah pertemuan yang bersejarah antara Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou di Singapura bulan lalu.

Juru bicara Kantor Urusan Taiwan di Cina, Ma Xiaoguang mengatakan panggilan yang pertama kali dilakukan adalah antara Kepala Kantor Urusan Taiwan, Zhang Zhijun dengan Kepala Dewan Urusan Cina Daratan di Taiwan, Andrew Hsia yang saling memberikan ucapan selamat Tahun Baru.

Zhang dan Hsia juga membicarakan tentang sejumlah pencapaian penting yang telah diraih oleh kedua pihak pada tahun sebelumnya dalam mempromosikan perkembangan hubungan yang damai, juru bicara Ma mengatakan. Dewan Urusan Cina Daratan di Taiwan menegaskan panggilan telepon benar-benar dilakukan, namun tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.