Jumat 01 Jan 2016 14:57 WIB

Kunci Muslim Raih Kemakmuran Ala Didin Hafidhuddin

Rep: c25/ Red: Dwi Murdaningsih
 Ribuan jamaah mengikuti doa bersama saat acara Dzikir Nasional 2015  di Masjid At-Tin, Jakarta, Kamis (31/12).  (Republika/Raisan Al Farisi)
Ribuan jamaah mengikuti doa bersama saat acara Dzikir Nasional 2015 di Masjid At-Tin, Jakarta, Kamis (31/12). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah perjalanan panjang pada 2015, Indonesia kini melangkahkan kaki dan mulai menjalani tahun 2016. Mewujudkan kehidupan yang makmur tentu menjadi harapan semua orang.

Pengasuh Pondok Pesantren Ulil Albab, Didin Hafidhuddin, mengungkapkan salah satu kunci utama dalam mewujudkan mimpi orang-orang Indonesia, memiliki kehidupan yang makmur. Menurutnya, masyarakat yang ingin memakmurkan kehidupan harus terlebih dahulu menjadi pribadi yang amanah, agar kemakmuran datang tanpa perlu repot mencari.

"Amanah akan menarik rizki, jadi orang yang amanah sudah pasti makmur," kata Didin saat mengisi tausiyah di Zikir Nasional, Rabu (31/12).

Ia pun menekankan apabila seseorang amanah dalam menjalani hidupnya, orang tersebut akan jujur di setiap aktivitas dan membawa mereka menuju kesuksesan. Namun, tentu sebuah usaha harus selalu dilakukan dengan istiqomah, yang juga harus dilengkapi dengan kesabaran dalam menjalani setiap ikhtiar yang dilakukan.

Meski begitu, Didin menegaskan sabar yang harus dimiliki seorang Muslim sejati bukanlah sabar yang bersifat pasif, melainkan sabar yang membawa kemenangan. Sabar yang dimaksud merupakan sabar yang mengandung kekuatan, sehingga orang yang dapat melaluinya akan mampu mendatangkan kemenangan.

Selain itu, ia menerangkan seorang Muslim harus mewarnai setiap langkah kaki dengan dzikir, baik yang berupa lisan maupun dzikir yang berupa amal perbuatan. Muslim, lanjut Didin, harus mampu menerjemahkan dzikir ke amal perbuatan, dan merefleksikan zikir ke kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement