Jumat 18 Mar 2016 05:13 WIB

Drama Politik Membayangi Penetapan Capres Republik

Rep: aldian wahyu ramadhan/ Red: Taufik Rachman
Donald Trump
Foto: EPA
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Ketua DPR AS Paul Ryan mengatakan, kemungkinan konvensi pencalonan presiden dari partai Republik semakin meningkat. Konvensi akan dihelat pada musim panas ini.

Apabila tidak ada kandidat yang bisa meraih 1.237 delegasi Republik pada Juli, calon presiden partai untuk pemilihan November akan dipilih oleh delegasi konvensi di Cleveland, Ohio. Hal itu bisa menjadi drama politik empat hari yang disiarkan langsung televisi nasional.

Kandidat terdepan dari Partai Republik Donald Trump memperingatkan 'kerusuhan' jika dia ditolak pencalonan presiden dari partai setelah menang besar dalam pemilihan pendahuluan di Florida, Illnois, dan North Carolina pada Selasa lalu. Masih belum bisa dipastikan Trump bisa meraup 1.237 delegasi konvensi yang dibutuhkannya sebelum Juli.

Ryan mengecam komentar 'kerusuhan' Trump, dikatakan itu tidak dapat diterima bahkan mengisyaratkan kekerasan. Dia mengatakan, harus belajar proses konvensi karena akan memimpin acara dan ingin memastikan aturan hukum yang berlaku.

''Tidak ada yang berubah selain persepsi bahwa ini lebih mungkin untuk menjadi konvensi terbuka dari yang kita duga sebelumnya. Jadi, kita mendapatkan pikiran kita di sekitar ide bahwa ini bisa sangat mungkin mejadi kenyataan,'' kata Ryan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۙ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِيْ وَلِاُتِمَّ نِعْمَتِيْ عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
Dan dari manapun engkau (Muhammad) keluar, maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arah itu, agar tidak ada alasan bagi manusia (untuk menentangmu), kecuali orang-orang yang zalim di antara mereka. Janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, agar Aku sempurnakan nikmat-Ku kepadamu, dan agar kamu mendapat petunjuk.

(QS. Al-Baqarah ayat 150)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement