Selasa 12 Apr 2016 19:12 WIB

BSI Gelar Pelatihan Learning Management System dengan Startup Schoology

Suasana pelatihan LMS dengan Schoology di Kampus BSI Ciledug, Tangerang, Banten, Kamis (7/4).
Foto: Dok BSI
Suasana pelatihan LMS dengan Schoology di Kampus BSI Ciledug, Tangerang, Banten, Kamis (7/4).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Manfaat inovasi teknologi terhadap dunia pendidikan semakin terasa di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di seluruh dunia. Perusahaan startup terus berusaha membangun platform dan membantu sekolah dan perguruan tinggi untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi anak didik.

 

Learning Management System (LMS)  adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan "online", dan program pembelajaran elektronik (e-learning program). Salah satu bentuk Learning Management System yaitu startup Schoology. Schoology digunakan untuk membangun platform multimedia interaktif bagi sekolah maupun perguruan tinggi supaya semua pihak dapat berpartisipasi.

Untuk mengikuti perkembangan inovasi teknologi dengan menggunakan “teknologi” startup Schoology, kampus BSI Ciledug, Tangerang,  Banten,  Kamis (7/4) menyelenggarakan pelatihan yang diperuntukkan bagi para dosen. Pelatihan itu menampilkan pembicara Vito Triantori, praktisi sekaligus dosen bidang IT.

 

Vito mengemukakan, tujuan pelatihan learning management system dengan menggunakan Schoology ini untuk membantu proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa.

“Sistem kerja dari Schoology sangat mudah karena fitur-fitur yang dimiliki terdiri dari Kursus, yaitu fasilitas untuk membuat kelas mata kuliah, misal mata kuliah struktur data, dan lain sebagainya. Group/Kelompok, yaitu fasilitas untuk membuat kelompok, misal kelompok kelas, kelompok bimbingan tugas akhir dan sebagainya. dan juga tersedianya fitur sumber belajar”, ungkap Vito.

Vito menambahkan, dengan mengandalkan inovasi teknologi, platform Schoology dapat digunakan pada perangkat seluler maupun laptop. Aplikasi seluler dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Schoology menyediakan alat untuk dosen melakukan instruksi di kelas.

 

“Bentuk-bentuk penugasan pun bisa dikerjakan oleh mahasiswa di rumah.  Dosen tinggal mengontrol dan memeriksa dari jarak jauh. Untuk memasukkan anggota (mahasiswa) yang ikut di dalam kelas yang kita ampuh kita cukup memberikan akses kode kepada mahasiswa-mahasiswa yang kita ajar,” tutur Vito.

“Dari kegiatan pelatihan ini maka diharapkan dosen-dosen BSI memiliki kemampuan dan kemudahan dalam membangun pola pembelajaran dan pengajaran yang interaktif kepada mahasiswa,” kata Kepala Kampus BSI Ciledug Suryanto.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement