Selasa 24 May 2016 19:41 WIB

Relokasi Pengungsi Sinabung Tahap 2 Ditargetkan Rampung Desember

Rep: Issha Harruma/ Red: Yudha Manggala P Putra
Awan panas meluncur dari puncak Gunung Sinabung ketika terjadi guguran kubah lava terlihat dari Desa Tiga Pancur, Karo, Sumatera Utara, Minggu (10/1).
Foto: Antara/Rony Muharrman
Awan panas meluncur dari puncak Gunung Sinabung ketika terjadi guguran kubah lava terlihat dari Desa Tiga Pancur, Karo, Sumatera Utara, Minggu (10/1).

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Relokasi tahap dua bagi 1.683 kepala keluarga dari empat desa yang terdampak erupsi gunung Sinabung ditargetkan rampung bulan Desember tahun ini. Ada empat desa yang warganya akan direlokasi pada tahap kedua, yakni Guru Kinayan, Berastepu, Kuta Tonggal, dan Gamber.

"Relokasi tahap dua sedang proses karena itu tidak hanya menentukan tempat, tapi bicara keseluruhan secara komprehensif. Targetnya bulan 12 nanti," kata Bupati Karo Terkelin Brahmana, Selasa (24/5).

Terkelin mengatakan, dana sebesar Rp 110 juta per kepala keluarga untuk relokasi mandiri tahap kedua telah masuk ke APBD Karo tahun ini. Dana tersebut, lanjutnya, akan disalurkan ketika warga, secara berkelompok, telah mendapatkan lahan untuk tempat relokasi mereka. "Nanti mereka mengajukan lahan, ada pendampingnya dari pemerintah, baru diserahkan (dana relokasi)," ujarnya.

Kelompok ini pun, kata Terkelin, nantinya akan menyesuaikan dengan dinamika di lapangan. Satu kelompok, lanjutnya, terdiri dari beberapa kepala keluarga yang akan mencari lahan untuk tempat relokasi mereka sendiri.