Kamis 14 Jul 2016 13:49 WIB

Australia Butuh Lebih Banyak Anggota Parlemen Muda

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Salah seorang anggota parlemen termuda Australia yang pernah ada mengatakan partai politik membutuhkan orang-orang yang lebih muda terpilih.

Wyatt Roy berusia 20 tahun ketika ia memenangkan daerah pemilihan Longman di negara bagian Queensland untuk Partai Nasional Liberal di tahun 2010. Ia kehilangan kursi di pemilihan bulan Juli 2016.

Roy mengatakan pentingnya keberagaman yang dimiliki negara Australia yang tercermin dalam parlemen, termasuk usia politisi. "Mungkin pada tingkat lebih rendah, namun [mirip] saat kita berbicara soal jenis kelamin atau etnis atau latar belakang profesional, sangat penting bahwa kita memiliki keragaman usia di parlemen," katanya baru-baru ini.

"Ketika Parlemen mengerjakan yang terbaik, itu mewakili rakyat Australia, dan hal tersebut termasuk memiliki anak-anak muda dan mungkin akan membantu [Parlemen] memiliki visi jangka panjang."

"Saya pikir kita harus melakukan lebih banyak hal agar menjangkau warga dan mengatakan, 'Anda dapat melakukannya, dan kami akan melakukan segalanya untuk mendukung Anda melakukan hal tersebut'."

Roy mengatakan anak-anak muda kehilangan haknya dari sistem politik saat ini. "Saya pikir anak-anak muda sebenarnya cukup pintar, mereka cukup cerdik," katanya.

"Saya tidak berpikir mereka naif secara politik, mereka hanya merasa kehilangan haknya dari sistem politik."

"Saya rasa jika Anda berbicara dengan mereka dengan menghormati kecerdasan mereka, maka kita dapat terhubung kembali ... dan saya pikir Malcolm Turnbull sangat baik ditempatkan untuk imajinasi anak muda Australia."

Roy kehilangan kursi Partai Nasional Liberal atau LNP yang sebelumnya ia dapatkan dari daerah pemilihan yang terletak di antara Brisbane dan Sunshine Coast. Ia kalah suara dari politikus Partai Buruh, Susan Lamb.

Saat ini, anggota termuda di Parlemen Federal berusia 28 tahun, yakni Senator negara bagian Victoria dari Partai Liberal James Peterson. Politisi muda federal lainnya, senator New South Wales dari Partai Buruh, Sam Dastyari berusia 32 tahun, Tim Watts dari Partai Buruh di negara bagian Victoria yang berusia 34 tahun, serta ,Senator Nasional. Matt Canavan usia 35 tahun.

Diterbitkan Pukul 12:50 AEST 14 Juli 2016 oleh Erwin Renaldi. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement