Rabu 27 Jul 2016 10:53 WIB

Perekonomian Sumatra Melambat 3 Tahun Berturut-turut

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dwi Murdaningsih
Revisi Pertumbuhan Ekonomi. Pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (9/5).
Foto: Republika/ Wihdan
Revisi Pertumbuhan Ekonomi. Pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (9/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Sekretaris Jenderal Kemendagri, Yuswandi menyatakan, pertumbuhan perekonomian provinsi di Sumatra terjadi perlambatan tiga tahun berturut-turut. Nilai ekspor komoditas andalan di Sumatra terus mengalami penurunan.

“Hal ini perlu mitigasi apa penyebab perlambatan ekonomi dan penurunan ekspor tersebut. Mari kita migitasi,” kata Yuswandi saat membuka Rapat Koordinasi (Rakorgub) se-Sumatra di Bandar Lampung, Selasa (26/7) malam.

Menurut dia, Pulau Sumatra menjadi lumbung komoditas berbagai pertanian dan perkebunan, seharusnya dapat memicu pertumbuhan ekonomi masing-masing daerahnya. Untuk itu, ia mengajak semua daerah berintegrasi meningkatkan daya saing komoditas masing-masing provinsi.

Ia mengakui selain pertumbuhan ekonomi melambat tiga tahun terakhir, namun penanaman modal di bidang konstruksi di Sumatra mengalami kenaikan sekitar 30 persen dibandingkan Jawa Barat, Yogyakarta. “Proyek konstruksi masuk di Sumatra mencapai Rp 500 triliun,” katanya mewakili Mendagri Tjahjo Kumolo yang tidak bisa hadir.

Salah satu yang perlu diperhatikan soal komoditas Sumatra, ia mengemukakan perlu pengembangan gahuru bagi petaninya. Nilai jual gaharu, kata dia, sangatlah menjanjikan. “Satu milimeternya (gaharu) di pasar Arab dan India mencapai Rp 7 juta,” ujarnya.

Selain itu, menurut dia, pengembangna jalan tol dari Lampung hingga Aceh dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerahnya mencapai 15 persen. Ia mengatakan kehadiran jalan tol di Sumatra menjadi sangat penting dalam meningkatkan perekonomian daerah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement