Jumat 09 Sep 2016 12:39 WIB

Sapi Presiden Jokowi Seberat 1 Ton Diserahkan ke Kulonprogo

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Andi Nur Aminah
Sapi kurban milik Presiden Joko Widodo
Foto: Antara
Sapi kurban milik Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wakil Gubernur DI Yogyakarta Sri Paku Alam X menyerahkan delapan hewan kurban sapi ke lima kabupaten/kota Yogyakarta, Keraton Yogyakarta dan Pakualaman Yogyakarta, di Kepatihan Yogyakarta, Jum’at (9/9). Kedelapan hewan kurban tersebut adalah tujuh sapi di antaranya merupakan bantuan Pemda DIY senilai Rp 178 juta. "Sedangkan satu ekor sapi lagi adalah bantuan dari Presiden RI Joko Widodo senilai Rp 47 juta dengan berat seribu kilogram," ujar Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam X usai acara penyerahan hewan kurban.

Kedelapan sapi tersebut merupakan sapi lokal yang diberi dari peternak sapi di Cangkringan Sleman. Pembelian sapi lokal langsung kepada peternak dengan tujuan untuk memberdayakan peternak.   

Bantuan dari Presiden sendiri diberikan dalam bentuk uang. Presiden Jokowi kemudian meminta dicarikan sapi yang terberat. "Jadi untuk mencarikan dan menyerahkan bantuan hewan kurban diserahkan kepada gubernur," jelas Paku Alam X.

Untuk teknis distribusi hewan kurban bantuan dari Presiden Jokowi maupun Pemda DIY diserahkan masing-masing kabupaten/kota. Lebih lanjut dia menjelaskan diserahkannya hewan kurban ke Kabupaten Kulon Progo atas pertimbangan bahwa di Kabupaten Kulon Progo dan Gunungkidul merupakana daerah yang relatif masih agak banyak kantong kemiskinannya.

Karena tahun lalu hewan kurban dari Presiden sudah diserahkan kepada Kabupaten Gunungkidul, tahun ini gantian diserahkan untuk Kabupaten Kulon Progo. "Mudah-mudahan dengan upaya kita semua terutama juga dengan dibentuknya tim koordinasi penanggulangan kemiskinan di kedua kabupaten di DIY tersebut secara perlahan-lahan bisa mengurangi angka kemiskinan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement