Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Blair: AS akan Kacau Jika Dipimpin Trump

Rabu 21 Sep 2016 06:12 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah

Tony Blair

Tony Blair

Foto: EPA/Duc Thanh

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, mengatakan Amerika Serikat (AS) akan kacau jika dipimpin seorang pemimpin yang isolasionis atau yang merasa kepentingan dalam negerinya jauh lebih utama daripada kepentingan luar negeri. Pernyataan Blair tersebut ditujukan kepada kandidat Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump.

 

"Jika Anda mengabaikan apa yang sedang terjadi di dunia, Anda tidak ditakdirkan menjadi pemimpin sebuah negara," ujar Blair.

Sebelumnya, Trump mengatakan akan membiarkan Cina menangani masalah Korea Utara dan pengembangan senjata nuklirnya. Ia juga menyatakan akan melindungi sekutu NATO dari Rusia jika ada biaya untuk memenuhi keperluan pertahanan AS.

Retorika Trump telah mengantarkannya mendapatkan tiket sebagai kandidat dari Partai Republik. Namun, ia banyak menerima kritik atas kebijakan luar negeri yang digagasnya.

Sebanyak 50 anggota Partai Republik menandatangai sebuah surat yang menentang Trump. Mereka menyatakan fakta dasar politik Trump akan menjadikannya presiden yang paling sembrono dalam sejarah AS.

Sebaliknya, Blair memberikan pujian terhadap kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton, sebagai diplomat top AS. Menurutnya, dunia membutuhkan pemimpin AS yang memiliki nilai-nilai demokrasi.

"Daripada banyak berkomentar tentang Trump, lebih baik saya berbicara tentang Hillary Clinton. Dia adalah seseorang yang saya percaya secara pribadi. Saya pikir dia cukup bijaksana dan memiliki integritas," ujar Blair.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile