Senin 24 Oct 2016 07:31 WIB

'Mari Mentadabburi Makna Alquran'

Rep: c62/ Red: Damanhuri Zuhri
Alquran
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Majelis Cinta Alquran, Habib A Rahman Al-Habsyi, mengungkapkan, Allah SWT memerintah hambaNya yang beriman untuk mentadabburi Alquran agar selamat di dunia dan akhirat. Menurut dia, tadabur Alquran ialah dengan merenungi, memahami dan memikirkan isi dalam Alquran.

"Menghayati isi kandungan Alquran yang menunjukkan tanda-tanda kebesaran Allah SWT," ungkap pimpinan Majelis Cinta Alquran, Habib A Rahman Al-Habsyi kepada Republika, Senin (24/10).

Habib A Rahman menyarankan jangan sampai apa yang kita perbuat dalam hidup sehari-hari, bertentangan dengan Alquran. Karena Alquran di dalamnya terdapat sejarah umat masa lampau dan gambaran kehidupan masa akan datang yang bisa dijadikan pelajara.

"Tidak lain, semuanya itu bertujuan bagaimana manusia bercermin dalam menghadapi kehidupan sehari-harinya agar tidak binasa oleh kelalaian dan kepongahannya," ujar Habib Rahman Al Habsyi mengingatkan.

 

Agar kita bisa mentadabburi Alquran, Habib A Rahman mengutip Kitab Tafsir AlQurthuby, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Berilah matamu haknya untuk beribadah." Mereka bertanya : "Ya Rasul Allah, apakah haknya mata dalam beribadah?" Rasulullah SAW menjawab: "Melihat mushaf (Kitab Suci), merenungkan ayatnya dan mengambil pelajaran dari keajaiban-keajaibannya."

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَطَّعْنٰهُمُ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ اَسْبَاطًا اُمَمًاۗ وَاَوْحَيْنَآ اِلٰى مُوْسٰٓى اِذِ اسْتَسْقٰىهُ قَوْمُهٗٓ اَنِ اضْرِبْ بِّعَصَاكَ الْحَجَرَۚ فَانْۢبَجَسَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًاۗ قَدْ عَلِمَ كُلُّ اُنَاسٍ مَّشْرَبَهُمْۗ وَظَلَّلْنَا عَلَيْهِمُ الْغَمَامَ وَاَنْزَلْنَا عَلَيْهِمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوٰىۗ كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْۗ وَمَا ظَلَمُوْنَا وَلٰكِنْ كَانُوْٓا اَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ
Dan Kami membagi mereka menjadi dua belas suku yang masing-masing berjumlah besar, dan Kami wahyukan kepada Musa ketika kaumnya meminta air kepadanya, “Pukullah batu itu dengan tongkatmu!” Maka memancarlah dari (batu) itu dua belas mata air. Setiap suku telah mengetahui tempat minumnya masing-masing. Dan Kami naungi mereka dengan awan dan Kami turunkan kepada mereka mann dan salwa. (Kami berfirman), “Makanlah yang baik-baik dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu.” Mereka tidak menzalimi Kami, tetapi merekalah yang selalu menzalimi dirinya sendiri.

(QS. Al-A'raf ayat 160)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement