Senin 12 Dec 2016 13:37 WIB

Baznas: Potensi Zakat di Lampung Rp 1,2 Triliun

Red: Ilham
Logo Baznas.
Foto: blogspot.com
Logo Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Lampung menyatakan, potensi zakat di daerah ini cukup besar. Diperkirakan bisa mencapai Rp 1,2 triliun per tahun.

"Berdasarkan pertemuan rapat koordinasi Baznas di Jakarta, disebutkan potensi zakat di Provinsi Lampung bisa mencapai Rp 1,2 triliun per tahun," kata Ketua Baznas Provinsi Lampung Ir H Mahfud Santoso, Senin (12/12).

Ia mengatakan, potensi itu mengingat sekitar 9 juta penduduk Lampung sebagian besar beragama Islam. Namun hingga sekarang belum terlalu banyak warga yang membayar zakat. Menurutnya, hingga delapan bulan sejak memimpin Baznas Lampung, zakat yang telah terkumpul baru mencapai sekitar Rp 3 miliar.

Dana zakat tersebut, lanjutnya, sebagian telah disalurkan kepada penerima zakat maupun bantuan bagi mahasiswa berupa beasiswa. Ketua Baznas Lampung itu mengharapkan dukungan dan kerja sama pemerintah daerah, mengingat besar jumlah PNS di lingkungan Pemprov Lampung dan pemerintah kabupaten/kota dapat menjadi peluang bagi baznas.