Senin 04 Feb 2013 13:02 WIB

Rio Haryanto Jajal Mobil Addax Barwa

Red: Didi Purwadi
Pembalap GP2 Rio Haryanto.
Foto: Antara/Andika Betha
Pembalap GP2 Rio Haryanto.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pebalap nasional asal Solo, Rio Haryanto, berangkat menuju Spanyol lebih awal untuk mengikuti latihan resmi. Rio akan menggelar latihan sebelum tampil pada lomba balap mobil GP2 Series 2013 yang dijadwalkan mulai bergulir pada 22 Maret mendatang.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, mengatakan latihan resmi di Sirkuit Jerez, Spanyol, digelar dua hari yaitu 26-28 Februari. Tetapi, Rio dijadwalkan berangkat ke nagara tersebut pada 17 Februari 2013.

Ia mengatakan Rio harus melakukan adaptasi dengan tim barunya yaitu Addax Barwa.

"Selama ini Rio belum pernah mencoba mobil dari tim Addax Barwa yang akan digunakan untuk musim balap mendatang,'' kata Indah. ''Sehingga, dia harus menjalani penyesuaian diri.''

Rio harus menyesuaikan dengan stelan kursi mobil balapnya dan kondisi mobilnya supaya benar-benar bisa nyaman digunakan saat balapan mendatang. Karena, mobil yang digunakan untuk latihan resmi ini nantinya juga dipakai pada balap resmi mendatang.

Setelah mengikuti latihan resmi di Jeres, Rio akan menjalani latihan resmi kedua di Barcelona, Spanyol, 5-7 Maret mendatang sebelum akhirnya tampil pada seri pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, 22-24 Maret 2013.

"Pada latihan resmi ini semua pebalap yang bakal turun pada GP2 Series harus ikut. Karena, ini sebagai syarat utama seorang pebalap sebelum turun pada musim balap mendatang," katanya.

Pada GP2 Series 2013 bakal dibagi dalam 11 putaran dimulai di Sirkuit Sepang, Malaysia dan berakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Seri pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia (22-24 Maret), kedua Sakhir, Bahrain (19-21 April), ketiga di Barcelona (10-12 Mei), keempat di Monte Carlo, Monaco (24-26 Mei), kelima di Silverstone, Inggris (28-30 Juni), keenam di Jerman (5-7 Juli), ketujuh di Budapes, Hungaria (26-28 Juli).

Kemudian seri kedelapan di Spa-Francorchamps, Belgia (23-25 Agustus), kesembilan di Monza, Italia (6-8 September), kesepuluh di Singapura (20-22 September), dan terakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (1-3 November).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement