Senin 06 Feb 2017 11:26 WIB

Tito Rabat Selesai Jalani Operasi Lutut di Barcelona

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andri Saubani
Esteve 'Tito' Rabat
Foto: EPA/Angel Diaz
Esteve 'Tito' Rabat

REPUBLIKA.CO.ID, SEPANG – Pembalap MotoGP, Tito Rabat mengalami cedera lutut dan baru saja menjalani operasi kecil di Rumah Sakit Universitario Dexeus, Barcelona, Spanyol pekan lalu. Pembalap bernama lengkap Esteve 'Tito' Rabat Bergada ini mengalami cedera tendon quadricipital.

Operasinya dilakukan oleh Dokter Xavier Mir dan Ignacio Ginebreda. Dokter melakukan sejumlah tindakan medis, seperti penyisipan sekrup di lututnya untuk menstabilkan patah tulang distal dari jari-jari dari jari-jari tangan kanannya. Dokter juga menyisipkan piringan dan sekrup untuk menstabilkan patah tulang kecil di metakarpal tangan kanannya, serta imobilisasi kaki kanan akibat patah tulang untuk falang distal.

Rabat terus dievaluasi selama 48 jam setelah operasi dan tetap berada di rumah sakit untuk perawatan antibiotik intravena supaya siap tempur menjalani tes berikutnya. Mantan juara dunia Moto2 itu menjalani pemeriksaan penuh lanjutan dari dokter setelah rehabilitasi selesai.

“Kabar baiknya, operasi Tito tadi malam berhasil. Kabar buruknya, kami belum mengetahui sejauh mana cedera yang dideritanya usai tes di Sepang. Cedera lutut adalah masalah terbesar karena lukanya terbuka dan risiko infeksi tinggi. Maka dari itu dia perlu tinggal di rumah sakit sepekan ini," kata prinsipal tim rumah sakit, Michael Bartholemy, dilansir dari Crash, Senin (6/2).

Bartholemy mengatakan Rabat sempat merencanakan jadwal penerbangan untuk tes di Philip Island, Australia. Namun, pembalap Estrella Galicia 0,0 Marc VDS ini harus realistis dengan kondisinya. "Tidak masuk akal baginya untuk ke Sepang karena belum cukup fit. Balapan di atas sepeda motor sangat menuntut kondisi fisik pembalap," katanya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement