Ahad 08 Nov 2015 07:03 WIB

Jorge Lorenzo di Atas Angin

Rep: c08/ Red: Fernan Rahadi
Jorge Lorenzo
Foto: REUTERS/Marcelo del Pozo
Jorge Lorenzo

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi tampaknya akan memiliki peluang yang sangat tipis pada seri terakhir MotoGP musim ini di Ricardo Tormo, Valencia. Hal itu setelah pesaingnya sekaligus rekan setimnya, Jorge Lorenzo, menempati pole position usai sesi kualifikasi kedua, Sabtu (7/11).

Juara dunia MotoGP dua kali itu mencatatkan waktu tercepat 1 menit 30,011 detik. Menyusul di belakangnya adalah duo pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa yang masing-masing mencatatkan waktu 1 menit 30,499 detik dan 1 menit 30,516 detik.

"Lap terbaik sepanjang hidup saya! Saya tak percaya saat saya melihat 1 menit 30 detik. Jika saya mengulangi 100 kali lagi saya mungkin tidak akan bisa mencapai waktu lap ini. Saya senang dengan posisi grid yang sangat penting ini. Kita lihat apakah besok akan sebaik hari ini," ujar Lorenzo saat diwawancara usai kualifikasi, Sabtu.

Seperti diketahui, Rossi akhirnya harus legawa memulai balapan di race terakhir di sirkuit Ricardo Tormo Valencia dari posisi paling belakang. Meski sudah melakukan upaya banding agar hukumannya itu diringankan, Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS) tetap tidak mengubah nasib Rossi.

Pembalap asal Italia itu tetap memulai balapan yang membuat kansnya untuk merebut gelar juara dunia kali ke-10 mengecil. Memang butuh keajaiban bagi Rossi agar perolehan angkanya tidak dilewati rival tunggalnya Lorenzo yang hanya berselisih tujuh poin saja darinya.

Rossi yang identik dengan nomor 46 itu mengatakan akan fokus kepada persiapan balapnya dari posisi paling belakang. Saat melakukan latihan perdana yang dilakukan pada Jumat (6/11) sore WIB di sirkuit Ricardo Tormo, Rossi melakukan latihan yang tidak biasa.

Ia melakukan latihan dalam sesi free practice dengan melaju sebanyak 15 putaran tanpa jeda dari total 21 putaran selama sesi itu. Hal itu sengaja dilakukan  rider 36 tahun itu untuk melatih motornya supaya bisa merengsek ke posisi depan di balapan nanti. “Saya cukup puas dengan latihan pertama. Sasya harus latihan seperti ini agar bisa memperbaiki laju,” kata Rossi, dikutip dari situs resmi MotoGP.

Walau posisi startnya tak lagi bisa diubah, Rossi tetap berbesar hati untuk tetap mengikuti ajang kualifikasi yang berlangsung pada Sabtu (7/11) sore WIB. Sebab, ajang kualifikasi akan digunakan oleh sahabat baik Marco Materazzi itu untuk simulasi balapan di Valencia. Karena saat memacu kendaraannya di ajang kualifikasi, kata Rossi akan dapat meningkatkan catatan waktu tempuh kendaraannya itu.

Di latihan perdana kemarin, catatan waktu rider berambut keriting itu cukup baik dengan menempati posisi kelima dalam sesi latihan bebas.  Catatan waktunya sedikit lebih lambat yaitu 0,364 detik dari Lorenzo. Sayang, Rossi terjatuh pada akhir sesi kualifikasi yang tak menentukan baginya tersebut.

“Saya merasa enak dengan catatan waktu saya di masa latihan. Membalap dari belakang saya harus lebih cepat untuk memperbaiki posisi. Saya tetap ikut kualifikasi sebagai ajang simulasi,” ujar mantan pembalap Ducati itu.

Seperti diketahui, puncak  klasemen MotoGP masih ditempati Rossi dengan 312 poin. Lorenzo dengan jumlah poin 305 menjadu satu-satunya pembalap yang masih bisa mengejar perolehan poin The Doctor.

Fakta Rossi yang harus start dari posisi paling belakang membuka kans Lorenzo untuk bisa meraih gelar juara dunia ketiganya. Dua gelar sebelumnya didapatkan Lorenzo tahun 2010 dan tahun 2012 lalu.

Hasil Babak Kualifikasi 2 GP Valencia

Jorge Lorenzo    Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1)    1 menit 30,011 detik

Marc Marquez    Repsol Honda Team (RC213V)    1 menit    30.,499 detik

Dani Pedrosa    Repsol Honda Team (RC213V)    1 menit 30,516 detik

Aleix Espargaro    Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)    1 menit 30,917 detik

Cal Crutchlow    LCR Honda (RC213V)    1 menit 30,948 detik

Bradley Smith    Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)    1 menit    31,012 detik

Andrea Iannone    Ducati Team (Desmosedici GP15)    1 menit    31,056 detik

Pol Espargaro    Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)    1 menit    31,080 detik

Andrea Dovizioso    Ducati Team (Desmosedici GP15)    1 menit    31,245 detik

Danilo Petrucci    Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2)    1 menit 31,292 detik

Maverick Viñales    Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)*    1 menit 31,340 detik

1Valentino Rossi    Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1)    1 menit 31,471 detik

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement