Jumat 15 Jun 2012 19:55 WIB

Tontowi-Liliyana Tantang Xu-Ma di Semifinal Djarum Open

Rep: ratna puspita/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan menghadapi ujian berat sejak merengkuh gelar All England pada Maret lalu. Pasangan andalan Indonesia ini akan menghadapi runner-up Kejuaraan Dunia 2011 asal Cina Xu Chen/Ma Jin pada semi final Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (16/6).

Tontowi/Liliyana sukses menjejakan kaki ke empat besar setelah menghentikan langkah kakak-beradik Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth 21-15 15-21 21-11 pada babak delapan besar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (6/8).

“Kami tadi sempat susah keluar dari permainan Kido yang memang punya pukulan taktis. Pada game ketiga, kami berusaha mempercepat permanan dan Kido mulai tidak fokus,” kata Liliyana.

Menurut Liliyana, duel melawan Xu/Ma akan menjadi ujian yang penting dalam persiapan berlaga pada Olimpiade 2012 di London, Inggris, 27 Juli sampai 12 Agustus mendatang. “Ini cara yang bagus untuk mempelajari cara bermain mereka sekarang karena Xu/Ma akan jadi lawan yang harus diperhitungkan di Olimpiade,” kata dia.

Penampilan Tontowi/Liliyana memang menanjak. Sejak sukses merengkuh gelar All England tahun ini, keduanya berhasil memenangi Swiss Open dan India Open. Tapi, keduanya tidak sempat menjajal Xu/Ma. Pasangan Cina ini dikandaskan Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl asal Denmark pada semi final All England dan memilih absen pada dua turnamen berikutnya.

Xu/Ma bersama pasangan campuran Cina lainnya Zhang Nan/Zhao Yunlei menyulitkan Tontowi/Liliyana tahun lalu. Tontowi/Liliyana sukses mengalahkan Xu/Ma pada Singapore Open tahun lalu. Tapi, pasangan Indonesia ini tidak bisa mematahkan perlawanan Xu/Ma pada tiga pertemuan berikutnya. “Terakhir, kami kalah di Malaysia Open Januari lalu,” kata Liliyana.

Liliyana mengatakan, Xu/Ma dipastikan tidak akan memberikan perlawanan mudah. Apalagi, Cina menggantungkan harapan pada keduanya setelah secara mengejutkan Zhang/Zhao tumbang dari pasangan asal Thailand Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam 21-18 18-21 17-21 pada duel perempat final lain.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement