Sabtu 25 Feb 2017 00:00 WIB

In Picture: Inpicture: Lintas Nusantara

.

Rep: Antara Foto/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Warga berkegiatan di luar rumah mereka yang tergenang banjir di Jambi Luar Kota, Muaro Jambi, Jambi, Jumat (24/2). Ratusan rumah di sejumlah titik di dua daerah, meliputi Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi provinsi itu terendam banjir hingga setinggi 50 (FOTO : Wahdi Setiawan/Antara)

Sejumlah polisi wanita berpakaian dinas olahraga berlatih sepatu roda roller blade di areal taman alun-alun Kota Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (24/2). Latihan itu untuk meningkatkan keterampilan dan ketangkasan polisi dalam patroli pengamanan program (FOTO : Destyan Sujarwoko/Antara)

Sejumlah anak menari tarian prajuritan saat pertunjukan seni Merti Desa di Desa Wirogomo, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/2). Berbagai macam kesenian tradisional ditampilkan dalam rangkaian sedekah bumi. (FOTO : Aji Styawan/Antara)

Petugas melakukan konservasi manuskrip Fiqih terbitan akhir abad 18 di stand Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat, di Masjid Raya Sumbar, di Padang, Jumat (24/2). Setiap 400 halaman manuskrip, pemerintah setempat harus mengeluarkan biaya sekita (FOTO : Iggoy El Fitra/Antara)

Warga membersihkan lumpur akibat banjir bandang Sungai Cidadap di Desa Sirnajaya, Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (24/2). Sedikitnya 22 rumah di tiga Desa Sirnajaya, Desa Bunijaya dan Desa Gunung Halu, rusak berat dan ringan (FOTO : Novrian Arbi/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berada di musim penghujan identik dengan berbagai bencana yang terkait dengan air seperti banjir dan longsor. Di kabupaten Bandung Barat banjir bandang menerjang sebuah desa di kecamatan Gunung Halu. Sementara di Jambi banjir melanda kawasan Jambi Luar Kota. Bencana ini menunjukkan bagai mana kualitas lingkungan yang tidak ditata dengan baik oleh manusia yang menghuninya.

Peninggalan naskah kuno di suatu daerah seyogyanya harus dilestarikan dengan berbagai cara. Medium naskah yang biasanya berupa kertas tua bila dibiarkan begitu saja akan membuat naskah cepat rusak. Namun tidak semua pemerintah daerah memiiliki kesadaran atau memprioritaskan upaya konservasi manuskrip kuno ini. Berikut berita lintas Nusantara selengkapnya.

sumber : Antara Foto
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement