Kamis 21 Apr 2022 05:45 WIB

Laba-Laba, Sang Penyelamat Rasulullah SAW

Laba-Laba, Sang Penyelamat Nabi Muhammad SAW

Red: Agung Sasongko
Laba-Laba dan Islam
Foto: Slashgear
Laba-Laba dan Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laba-laba adalah binatang sejenis serangga. Laba-laba biasanya membuat sarang-sarangnya di mana-mana, seperti bukit, pepohonan, pegunungan, di rumah-rumah penduduk, dan lain sebagainya.

Sarang-sarang laba-laba terbuat dari air liur yang digunakan untuk membuat perangkap bagi serangga lainnya yang akan dijadikan mangsanya. Di antara mangsa laba-aba adalah nyamuk dan serangga kecil lainnya. Air liurnya itu bisa diubah menjadi sutera.

Dalam peristiwa hijrah Rasulullah SAW, laba-laba menjadi salah satu penyelamat Rasulullah SAW dari kejaran kafir Quraisy yang berusaha membunuhnya. (Lihat Musnad Imam Ahmad 1:348). Atas perintah Allah, sarang laba-laba yang dibuat setelah Rasulullah SAW memasuki Gua Tsur, mampu mengelabui pandangan orang-orang kafir Quraisy.

Dalam bukunya, Kisah-kisah Hewan Dalam Alquran, Ahmad Bahjat menuliskan sifat dan kemampuan laba-laba. Laba-laba dikenal sebagai salah satu hewan jenis serangga yang memiliki kemampuan yang sangat hebat. Ia bisa membuat sarang dari anyaman air liurnya. Tali-temali yang menjadi sarangnya terbuat dari benang yang sangat tipis.