Selasa 16 May 2017 15:23 WIB

BMT Beringharjo Buka Cabang di Bandung

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Direktur BMT Beringharjo Mursida Rambe (tengah)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Direktur BMT Beringharjo Mursida Rambe (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri BMT Beringharjo, Mursidah Rambe mengatakan pihaknya membuka cabang BMT binaannya di Kampung Ciburial, Dago, Bandung. Ia mengatakan, pendirian ini dilakukan mengingat akses masyarakat Ciburial yang minim terhadap perbankan.

Mursidah mengatakan pada Ahad (14/5) kemarin pihaknya melauching BMTnya yang berada di lingkungan pondok pesantret dan masyarakat Ciburial. Mursidah mengatakan pihaknya menyasar segmen santri para guru guru dan wali santri.

Ia mengatakan di daerah Ciburial masih lekat ketergantungan masyarakat terhadap rentenir. "Ya satu karena segmennya santri ya, kita ingin mereka bisa menabung dan bisa dekat dengan akses perbankan. Tapi disatu sisi, mereka mau membebaskan diri dari rentenir dan riba. Kalau agama baik, tapi gak ada lembaga keuangan yang islami, takutnya mereka jadi gak nyaman nih. Mereka harus tinggalkan riba," kata Mursidah saat dihubungi Republika, Selasa (16/5).

Mursidah mengatakan untuk akses perbankan dari Ciburial ke kota sangatlah jauh. Tak sedikit dari para masyarakat tersebut harus turun kebawah dan menempuh jalan yang cukup jauh.