REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Penjualan Daihatsu naik 129% jika dibandingkan dengan periode Januari – April tahun lalu. Penyumbang penjualan Daihatsu terbesar masih dipegang oleh Daihatsu Xenia dengan kontribusi sebesar 51% atau 5.531 unit dari total penjualan Daihatsu.
Siaran pers PT Astra Daihatsu Motor menyebutkan, kontributor ke-2 diduduki oleh Daihatsu Gran Max sebagai produk kelas low commercial yaitu sebesar 26% atau 2.906 unit.
Kontributor berikutnya adalah Daihatsu Terios mewakili produk kelas medium SUV dengan kontribusi sebesar 17% atau 1.863 unit. Selanjutnya diikuti oleh produk Daihatsu Luxio & Sirion dengan angka penjualan masing-masing sebanyak 520 unit dan 93 unit.
Memasuki bulan April 2011 Daihatsu berhasil mencapai penjualan retail sebanyak 10.857 unit. Dengan pencapaian tersebut total retail sales selama periode Januari – April 2011 menembus angka 43.051 unit.
Sesuai rencana PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhir bulan Mei 2011 ini akan melakukan Ground Breaking pembangunan pabrik baru di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat sebagai upaya Daihatsu untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Melalui investasi senilai Rp 2,1 triliun di pabrik baru ini kapasitas produksi ADM akan meningkat dari 330.000 unit per tahun menjadi 430.000 unit. Pabrik mobil Daihatsu ini diharapkan akan menjadi pabrik mobil yang menjadi aset kebanggaan bangsa Indonesia.