REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Perusahaan mobil premium, Audi memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 untuk meluncurkan produk terbarunya, The New A6. Peluncuran produk ini dilakukan pada saat pembukaan IIMS, Jumat (22/7).
CEO PT Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri menjelaskan, sisi interior menjadi kekuatan Audi A6 dalam melakukan pentrasi pasar di segmen sedan premium. Istimewanya, mobil generasi ke tujuh A6 ini memiliki interior dengan fitur ambience lighting yang bisa disesuaikan dengan mood pengendara.
‘’Fitur ini biasanya hanya ada pada kendaraan yang ada di atasnya. Tapi kini kami hadirkan di A6. Jadi pengendara bisa mengatur pencahayaan sesuai dengan mood-nya. Mobil ini bisa memanjakan mood anda,’’ ujar CEO PT Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri.
Masih dari sisi interior, Andrew mengklaim, A6 juga dilengkapi dengan detil pengerjaan dengan bahan berkualitas tinggi. Termasuk, Beaufort Oak atau lapisan kayu inovatif pilihan yang telah diproses secara seksama. Terdapat pula ventilasi tambahan dan fungsi pijat pada kursi bagian depan.
Di Indonesia, produk ini dipasarkan dalam dua varian, 2.8 FSI dengan 150 kW (204 hp) yang dijual seharga Rp 790 juta (off the road) dan 3.0 TFSI Quattro dengan 220 kW (300 hp) yang dibanderol Rp 1,070 miliar. Tipe 2.8 FSI dapat berakselerasi dari kecepatan nol hingga 100 km/jam dalam hitungan 8,1 detik. Sedangkan tipe 3.0 TFSI memerlukan waktu 5,9 detik. Keduanya dilengkapi dengan transmisi otomatik continuously variable multitronic enam kecepatan.
Selain itu, A6 baru juga diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 21 persen lebih irit yang merupakan angka tertinggi di kelasnya. Ini berkat penyebaran yang luas pada percepatan dan friksi internal yang rendah.
Dengan dimensi 4,92x1,87x1,46 meter, Audi diklaim sebagai kendaraan dengan proporsi paling sporty di kelasnya. Bobot generasi terbaru ini juga lebih ringan 80 kilogram berkat penggunaan bahan alumunium sehingga lebih lincah.