REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tata Inspiraksi mendapatkan penghargaan the Best Corporate Social Responsibility (CSR) dari lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa. Penghargaan terhadap Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), agen pemegang merek (APM) Tata Motors di Indonesia itu masuk dalam katagori informal education development.
Dalam rilisnya dijelaskan, program CSR Inspiraksi diluncurkan pada Juni 2013, saat Tata Motors belum melakukan pemasaran produknya di Indonesia. Hal itu untuk memperlihatkan kalau Tata Motors berkomitmen dan peduli terhadap pemberdayaan masyarakat.
"Penghargaan ini adalah motivasi untuk terus mengembangkan program CSR kami, Tata Inspiraksi. Sehingga semakin memberi solusi bagi upaya pemberdayaan masyarakat," ujar Director HR dan Legal TMDI, Achmad Djauhari, Rabu (17/12).
Ia menambahkan, Tata Motors Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa atas penghargaan yang diberikan. Karena menjadi inspirasi bagi Tata Motors untuk terus menggerakkan hati dan tangan untuk masyarakat.
Presiden Direktur Dompet Dhuafa Corpora, Ismail A Said menjelaskan, penghargaan itu merupakan apresiasi tinggi kepada perusahaan yang mengelola CSR dengan baik yang diselenggarakan setiap tahun. Diharapkan, manfaat program CSR Inspiraksi yang digagas Tata Motors Indonesia dapat dirasakan langsung kepada masyarakat.
"Peran perusahaan dalam memanfaatkan dana CSR untuk program pemberdayaan masyarakat dhuafa selama ini tidak dapat dilihat sebelah mata. Program CSR telah banyak mendorong percepatan pengentasan kemiskinan, dan Tata Motors telah berkontribusi sangat besar dalam pendidikan informal melalui Inspiraksi," ungkap Ismail.
Inspiraksi-Hati Tergerak Tangan bergerak merupakan program yang diluncurkan pada Juni 2013. Ini adalah program CSR yang pelaksanaannya dilakukan melalui interaksi sosial di Facebook Tata Motors Indonesia. Jejaring sosial digunakan untuk mengumpulkan dan menampung inspirasi dari para sahabat Tata Motors Indonesia.
"Inspiraksi adalah program yang unik, karena dalam menjaring program yang diberikan, tim Tata Inspiraksi berinteraksi terlebih dahulu dengan para Friends (kawan) Tata Motors di Facebook lalu para Friends mengajukan serta memilih berdasarkan program yang dinilai bagus serta berdampak positif dan memberikan solusi bagi masyarakat luas. Selanjutnya, hasil penilaian Friends, diobservasi oleh tim Tata Inspiraksi," ujar Djauhari.
Pada 24 Juni 2014, Tata Motors akhirnya menganugerahi program bantuan kepada tiga proyek CSR. Tiga proyek itu disaring dari ratusan ide lalu menjadi 30 proyek solusi.