REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjamurnya sejumlah merek atau brand kendaraan bermotor dari berbagai negara di Asia dan Eropa, ternyata belum mampu mematahkan dominasi pasar kendaraan Jepang di Tanah Air. Brand Honda masih menjadi favorit masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2019. Brand tersebut identik dengan jenis kendaraan SUV, Sedan, Hatchback dan City Car.
Bahkan berdasarkan data OLX, Honda CR-V menempati urutan teratas SUV yang paling dicari. Di kelas sedan, Honda City, Honda Jazz dan Honda Brio juga menjadi tipe mobil yang paling diminati masyarakat untuk kategori Sedan, Hatchback dan City Car. Tipe mobil yang diminati masyarakat sepanjang 2019 lalu pada platfom OLX adalah Honda CRV menempati posisi teratas yang disusul Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero di urutan ketiga untuk kategori SUV.
Sedangkan jenis sedan, Honda City dan Civic berada di urutan pertama dan kedua, disusul Toyota Vios di posisi ketiga. Sedan jenis hatchback posisi pertama ditempati Honda Jazz, disusul Toyota Yaris dan Ford Fiesta. Sedangkan jenis City Car, diraih Honda Brio di posisi pertama dan Toyota Agya bersama Daihatsu Ayla berbagi di posisi kedua dan ketiga.
“Data kami menunjukan brand Jepang masih menjadi favorit masyarakat Indonesia, dengan Honda merajai hampir seluruh kategori mobil penumpang," kata Agung Iskandar, Director of Vertical OLX Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/2).
Untuk kategori MPV, brand Toyota masih mempertahankan posisinya sebagai mobil paling diminati di platform penjualan e commerce tersebut. Toyota Avanza dan Toyota Innova masing-masing menempati posisi pertama dan kedua untuk mobil paling dicari di kategori MPV. Posisi ketiga dalam kategori MPV diraih Daihatsu Xenia.