REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TVS Motor Company Indonesia (TVSMCI) merilis varian Apache RTR 180 Xventure di Jakarta, Selasa (6/5). Model yang merupakan penyegaran dari versi sebelumnya ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan perusahaan motor asal India tersebut di segmen motor sport.
Chief Marketing PT TVSMCI, Herry Budijanto Dragono mengatakan pihaknya telah menargetkan penjualan hingga 400 unit per bulan secara nasional untuk Apache RTR 180 terbaru. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dari target penjualan untuk model pendahulunya.
"Dengan Apache kami memiliki harapan lebih besar untuk bersaing. Dengan harga lebih murah namun dengan teknologi di atas rata-rata," kata Budijanto ditemui usai peluncuran TVS Apache RTR 180 Xventure di Pondok Laguna, Parkir Timur Senayan, Jakarta, Selasa (6/5).
TVS Apache RTR 180 Xventure sejatinya produk relaunch dari pendahulunya TVS Apache 180. Label Xventure disematkan untuk mempertegas posisi dari TVS Apache RTR 180 sebagai tunggangannya para petualang.
Secara garis besar, perubahan kentara pada model Xventure memang terdapat pada desain grafisnya saja. Namun, Presiden Direktur TVSMCI, R Anandakrishnan mengatakan ada beberapa perubahan berkelanjutan yang juga dilakukan pada varian ini, di antaranya pada sisi pelumasan mesin, teknologi perpindahan gigi, dan juga suspensi.
"Untuk cc (kapasitas mesin) kami tidak merubah kapasitasnya, karena menurut kami yang saat ini sudah cukup baik, jadi tidak ada gunanya menambah," ungkap Anandakrishnan.
TVS Apache RTR Xventure masih dibekali mesin berkapasitas bersih 177,4 cc. Mesin ini diklaim hemat bensin, 1 liter bisa menempuh jarak 40-45 kilometer. Varian ini hadir dalam empat warna pilihan, yakni merah, hijau, hitam, dan putih. Di Jakarta, satu unitnya dibanderol Rp 18.430.000 (on the road).