REPUBLIKA.CO.ID,SENTUL -- Yamaha punya andalan baru. Skutik bongsor Yamaha NMax yang belakangan ini menyita perhatian publik akhirnya resmi membuka selubung, di Sirkuit Sentul Bogor Jawa Barat, Selasa (10/2).
Desain NMax lahir dari inspirasi pendahulunya TMax. Jadi wajar jika beberapa desain juga diaplikasi dari TMax yang ada sejak 2001.
\Yamaha menghadirkan NMax dengan beberapa fitur unggulan. Mulai dari sektor kaki-kaki hingga bagian-bagian lainnya yang diciptakan dengan sempurna. Tipe rangka underbone dengan bobot motor hanya 127kg saat terisi bahan bakar penuh dengan kapasitas tangki 6,6 liter.
Yamaha NMax punya ukuran panjang 1.955mm, lebar 740mm dan tinggi 1.115mm. Jarak sumbu roda 1.350mm dan jarak terendah ke tanah 135mm serta tinggi jok 765mm. Dilengkapi tipe mesin 4 Langkah, SOHC, berpendingin udara dengan kapasitas mesin 155cc. Mesin tersebut dikatakan bisa menghasilkan tenaga 11,1 kW pada 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm.
Berikut fitur lainnya:
Front Headlight & LED Break Light
Lampu LED memberikan pencahayaan maksimal saat berkendara dengan desain dinamis dan menghemat konsumsi kelistrikan.
Digital Speedometer
Digital speedometer dapat menunjukkan instant fuel consumption (real time) dan average fuel consumption (rata-rata). Speedometer NMAX juga dilengkapi MID (Multi Information Display) dengan fitur terbarunya Oil Trip Meter yang berfungsi menunjukkan jarak yang telah dicapai saat indikator bahan bakar di sebelah kanan speedometer telah berkedip dan V-Belt Trip yang berfungsi menginformasikan jarak pemakaian V-Belt CVT.
Blue Core
Yamaha mengklaim dengan teknologi Blue Core, maka mesin bisa lebih efisien, bertenaga dan handal. Efisien, karena proses pembakaran sempurna yang bisa mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Bertenaga, adanya inovasi teknologi yang mampu mengurangi gesekan dan menstabilkan suhu sehingga meningkatkan kecepatan akselerasi.
Variable Valve Actuation (VVA)
Teknologi VVA pada NMax merupakan bagian dari teknologi Blue Core. Dengan teknologi ini, Yamaha NMax diklaim mampu mempertahankan tenaga dari kecepatan rendah hingga tinggi. Mesin lebih responsif saat berakselerasi.
Bagasi
Mampu menampung satu helm full face dengan mudah.
Alumunium Sead Handle
Desain seat handle terbuat dari alumunium sehingga mempertegas dan memberikan kesan elegan pada NMax.
Two Riding Positions
Desain dan pijakan yang lapang memberikan keleluasaan saat bermanuver.
Anti-lcok Brake System (ABS)
Yamaha NMax merupakan matik pertama di Indonesia yang telah menggunakan teknologi ABS. Memaksimalkan stabilitas dan keamanan berkendara saat terjadi pengereman mendadak terlebih dalam kondisi jalan licin. Double disc brake di bagian belakang juga memberikan cengkraman yang kokoh dan kuat.
Suspensi dan Ban
Suspensi depan Yamaha NMax mengadopsi teleskopik dengan ban ukuran 110/70-13. Bagian belakang menggunakan unit swing dibekali ban ukuran 130/70-13. Ukuran ban memang terbilang nyleneh, sebab motor matik pada umumnya banyak menggunakan ukuran 14inci.