REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Produsen kendaraan bermotor asal India, Tata motors, mempunyai sejumlah alasan masuk ke pasar otomotif Indonesia melalui PT Tata Motors Indonesia.
"Penduduk berusia di bawah 30 tahun mendominasi populasi Indonesia sebesar 60 persen," kata Presiden Direktur PT Tata Motors Indonesia, Biswadev Sengupta, tentang alasan kehadiran Tata Motors Indonesia dalam sambutan peresmiannya di Jakarta, Selasa (11/9).
Sengupta mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hampir mencapai tujuh persen dan pengaruhnya terhadap perekonomian global menjadi alasan lain perusahaan yang didirikan sejak 1945 itu di tanah air.
"Rencana pembangunan infrastruktur dari pemerintah Indonesia di seluruh wilayah akan menciptakan kebutuhan akan kendaraan," katanya.
Urbanisasi kota-kota besar Indonesia, menurut Sengupta, juga berpengaruh terhadap permintaan kendaraan.
"Setelah sempat melemah pada 2009, pasar otomotif Indonesia kini bangkit dan melampaui Thailand di Wilayah ASEAN," kata Sengupta.
Sengupta menambahkan rencana Tata Motors Limited sepanjang 2012 yaitu membangun perusahaan dan pemasaran merek mobil Tata di Indonesia. "Kami mulai meluncurkan produk-produk komersial pada awal 2013," katanya.