Selasa 28 Nov 2017 05:05 WIB

Milan: Gattuso Bukan Caretaker

Red: Ratna Puspita
Gennaro Gattuso
Foto: EPA/OLIVIER MAIRE
Gennaro Gattuso

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN — Direktur Olahraga AC Milan Massimiliano Mirabelli menegaskan status Gennaro Gattuso sebagai pelatih tetap I Rossoneri. Dia mengatakan Milan memutuskan tidak menjadikan Gattuso sebagai caretaker karena itu akan langsung merusak hubungannya dengan tim. 

Mantan gelandang Milan ini menggantikan Vincenzo Montella mulai Senin (27/11). Milan tidak hanya menunjuknya sebagai pelatih sementara hingga Carlo Ancelotti atau Antonio Conte dapat mengambil alih di musim panas mendatang.

"Gattuso adalah pelatih kami. Menjadikannya caretaker justru segera ‘membunuhnya’ dengan tim. Kami memberikannya kesempatan besar ini, kami akan melihat bagaimana dia memainkannya,” kata Mirabelli, berbicara kepada wartawan yang berkumpul di luar Gran Gala del Calcio, Milan, Italia, dilansir dari Football Italia, Selasa (28/11). 

Menurut Mirabelli, hari ketika Milan harus mengakhiri hubungan dengan Vinzenzo Montella adalah hari yang sulit. Tapi, dia menambahkan, Rossoneri ingin membuat kejutan. 

Dia menerangkan Milan mengambil keputusan tersebut pada Ahad (26/11) malam, setelah skuat asuhan Montella meraih hasil imbang tanpa gol melawan Genoa di Stadion San Siro. Setelah pertandingan, manajemen berkomunikasi dengan pemilik Milan asal Cina, Li Yonghong, sehingga keluarlah keputusan untuk mengakhiri kontrak dengan Montella. 

“Kami memulai kembali dengan Gattuso, dan saya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Montella dan stafnya," kata dia. 

Mirabelli berpandangan, Milan sebenarnya hanya tidak beruntung ketika menghadapi Torino. Namun, manajemen memutuskan memecat Montella karena ada harapan untuk memenangkan laga tersebut dengan performa yang apik setelah menderita enam kekalahan. 

Milan memang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan 11 pemain yang didatangkan pada musim panas kemarin. Namun, Mirabelli mengatakan, manajemen sudah memberikan cukup waktu bagi Montella untuk meningkatkan performa Milan. 

"Saya sudah bekerja sejak pagi ini, jadi saya tidak tahu apa kata Montella [sejak dipecat]. Kami masih memiliki beberapa masalah tapi kami tenang, kami perlu mengatasinya. Kami masih percaya,” kata dia. 

Milan mengumumkan telah memecat Vincenzo Montella sebagai pelatih pada Senin (27/11). Manajemen Milan mengangkat Gennaro Gattuso yang bertanggung jawab kepada tim utama Rossoneri.

Milan, yang telah memenangkan gelar Italia 18 kali dan juara tujuh kali Eropa, belum pernah finis di posisi tiga besar Serie A sejak 2013. Montella tiba di Milan tahun lalu dan membawa Rossoneri untuk pertama kalinya ke kompetisi Eropa setelah absen tiga tahun. 

Musim ini, Milan menargetkan masuk zona Eropa. Mereka telah menghabiskan 205 juta pound untuk pemain baru sejak pengusaha Cina, Li Yonghong mengambil alih kendali pada April tahun lalu.

Namun, hingga pekan ke-13, Milan bertengger di posisi ke-7, berada di luar zona Liga Champions dan Liga Europa. Rossoneri mengoleksi 20 angka, terpaut 11 angka dari AS Roma di posisi terakhir untuk kualifikasi LIga Champions. 

 

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Napoli Napoli 6 4 1 1 11 7 13
2 Juventus Juventus 6 3 3 0 9 9 12
3 AC Milan AC Milan 6 3 2 1 14 7 11
4 Inter Inter 6 3 2 1 13 6 11
5 Torino Torino 6 3 2 1 10 2 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement