Senin 08 Jan 2018 15:02 WIB

Sandi: Proyek Infrastruktur Harus Jalan, UMKM tak Boleh Mati

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Gita Amanda
Sandiaga Uno
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan akan mengutamakan kepentingan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terkait pembangunan pengerjaan infrastruktur. Sandi mengatakan, proyek infrastruktur tak boleh menghilangkan mata pencaharian pedagang.

"Kita tidak ingin proyek infrastruktur itu mematikan lapangan pekerjaan dan perekonomian, khususnya yang di akar rumput," kata dia di Jakarta, Senin (8/1).

Sandi mengatakan, salah satu yang terimbas proyek infrastruktur Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) adalah pedagang di Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Meski tak menyebutkan lokasi pasti, ia berjanji akan menyediakan tempat relokasi untuk pedagang di sana sebaik mungkin dan tak jauh dari tempat asal.

Sandi memastikan, proyek infrastruktur harus tetap jalan sesuai rencana. Di sisi lain, peluang usaha bagi UMKM harus disediakan dan tak boleh dihilangkan. Tugas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI adalah memastikan warganya bisa menjalankan usaha dengan aman dan tenang.

"Kita bisa berikan solusi relokasi, kita juga bisa buat penataan-penataan yang memastikan mereka juga lapangan pekerjaannya terselamatkan," ujar dia.

Beberapa lokasi di Kelurahan Cipinang Besar Utara termasuk Pasar Gembrong terkena dampak dari pembangunan Tol Becakayu. Rencananya, pedagang di Pasar Gembrong akan dipindahkan di tempat baru yang tak jauh dari tempat asal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement