Kamis 11 Jan 2018 16:32 WIB

Ini Rute Jalan Tol di Yogya yang Dipaparkan ke Sultan

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Budi Raharjo
Sejumlah pengendara mobil melintasi ruas jalan tol Solo-Ngawi di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, 19 Juni 2017. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Sejumlah pengendara mobil melintasi ruas jalan tol Solo-Ngawi di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, 19 Juni 2017. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Jajaran PT Adi Karya melakukan audiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X terkait dengan rencana pembangunan jalan tol Cilacap-Solo, di Kepatihan Yogyakarta, Kamis (11/1). Jalan tol ini merupakan salah satu program strategis nasional.

Pada pertemuan tersebut, kata Sekda DIY Gatot Saptadi, Gubernur DIY menanyakan tentang trasenya. Pak Gubernur tetap berpegang bahwa apabila jadi dibangun jalan tol Cilacap-Solo, untuk jalan tol yang melewati Yogyakarta, pembebasan tanahnya harus seminimal mungkin. "Dan jangan mematikan perekonomian masyarakat," kata Gatot usai pertemuan.

Ia menjelaskan jalan tol Cilacap-Solo yang mengampu tetap Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). PT Adi Karya sebagai pelaksana proyek akan menyusun DED-nya. "Intinya dari PT Adi Karya kulanuwun (permisi) dengan Yogyakarta. Kalau jalan tol melewati Yogyakarta kita punya kepentingan," tuturnya.

Trase yang diusulkan untuk jalan tol Cilacap-Solo yang melewati Yogyakarta berada di sebelah utara jalan nasional di wilayah Kulon Progo nantinya memotong pegunungan. Di wilayah Sleman berada di utara ringroad dan di timur Yogyakarta berada di utara Prambanan.