Kamis 15 Feb 2018 00:08 WIB

Tarif Pelayanan Jasa Penumpang Bandara Cengkareng Naik

Kenaikan tarif akan diiringi kenyamanan bagi para pengguna jasa di Bandara Soetta.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Skytrain yang melintas di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, salah satu fasilitas layanan di Bandara Cengkareng
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Skytrain yang melintas di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, salah satu fasilitas layanan di Bandara Cengkareng

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II akan melakukan penyesuaian tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) atau passenger service charge (PSC) Bandara Soekarno-Hatta. Senior Manager Of Branch Communication and Lega Bandara Cengkareng Erwin Revianto mengatakan hal tersebut dilakukan sebagai komitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa.

Dia mengatakan, tarif PSC sudah bertahun-tahun tidak disesuaikan. "Per 1 Maret 2018 akan dilakukan penyesuaian PSC. Tentunya hal itu akan menambah kenyamanan bagi para pengguna jasa di Bandara Soetta," kata Erwin, Rabu (14/2).

Dengan adanya penyesuaian tersebut, ada kenaikan PSC untuk Terminal 3 Internasional sebelumnya Rp 200 ribu menjadi Rp 230 ribu. Lalu untuk Terminal 3 Domestik tetap Rp 130 ribu.

Sementara Terminal 1 dari Rp 50 ribu menjadi Rp 65 ribu. Lalu Terminal 2 domestik dari Rp 60 ribu menjadi Rp 85 ribu. Sedangkan Terminal 2 Internasional tidak ada penyesuaian yakni tetap Rp 150 ribu.

Erwin memastikan penyesuaian tersebut sesuai dengan surat Menteri Perhubungan Nomor PR 303/1/1 PHB 2018 Tanggal 18 Januari 2018, tentang PJP2U. "Tujuannya, agar pengguna jasa semakin nyaman dengan bertambahnya fasilitas baru yang secara terus menerus berinovasi," tutur Erwin.

Beberapa fasilitas yaitu self check in, timbangan bagasi untuk layanan self check-in kios, video contact center, vending machine, alking distance digital information, dan kereta layang atau skytrain. Erwin menegaskan, akan ada sejumlah fasilitas yang bakal bertambah setelah penyesuaian tarif PSC tersebut.

"Ruang tunggu akan semakin luas dan nyaman, toilet yang tetap bersih, adanya penambahan petugas customer service, dan customer service mobile di setiap terminal, peningkatan fasilitas security yang tergolong canggih dan penambahan petugas keamanan untuk menjamin keamanan yang lebih baik lagi," jelas Erwin.

Diketahui Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta saat ini termasuk dalam bandara berkelas di dunia. Terminal tersebut juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas modern seperti, baggage handling system (BHS), Flight Information Display System (FIDS), Ground Support System (GSS), dan Visual Docking Guidance System (VDGS).

"Bandara Soekarno-Hatta juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara berkelas dan terbaik di dunia," tutur Erwin. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement