Jumat 02 Mar 2018 14:08 WIB

Pandan Wangi Ternyata Bisa Mencegah Kanker

Seduhan daun pandan terbukti bisa untuk mengobati demam, batuk, dan sakit kepala.

Red: EH Ismail
Tanaman Pandan dan Minyaknya.
Foto: Humas Balitbangtan.
Tanaman Pandan dan Minyaknya.

Pandan wangi merupakan salah satu tanaman yang umum dijumpai dan dimanfaatkan untuk berbagai hal. Tanaman dengan nama latin Pandanus amaryllifolius ini merupakan tanaman liar berbentuk perdu, mudah tumbuh, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, memiliki daun yang berbentuk pita, berujung lancip dengan tepi rata bahkan ada pula yang memiliki bergerigi dan duri serta membentuk sudut pada daunnya. Pada tanaman yang subur, daun pandan wangi bisa mencapai panjang antara 40-80 cm dengan lebar antara 3-5 cm.

Selama ini, pandan wangi lebih banyak dimanfaatkan sebagai pewarna dan penambah aroma dalam berbagai macam olahan kuliner, seperti kue tradisional dan juga berbagai macam masakan, terutama di daerah Asia. Hal ini pula yang menyebabkan tanaman ini dikenal dengan nama Vanilla of the East.

Penyebab utama daun pandan memiliki aroma yang khas adalah karena adanya kandungan senyawa kimia 2AP (2 Acetyl 1 pyrroline/ACPY) yang merupakan turunan dari asam amino fenilalanin. Di samping senyawa kimia tersebut, masih terkandung pula senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, tannin, polifenol, dan juga zat warna.

Kandungan senyawa-senyawa kimia tersebut yang menyebabkan pandan wangi memiliki segudang manfaat, di antaranya sebagai antioksidan, antibakteri, antimikroba, antidiabetic, dan bahkan antikanker.