Sabtu 07 Apr 2018 05:17 WIB

Ricciardo Tercepat pada Sesi Latihan Pertama di Bahrain

Ia unggul 0,304 detik dari pengisi pole position tahun lalu Valtteri Bottas.

Red: Israr Itah
Danie Ricciardo
Foto: EPA-EFE/VALDRIN XHEMAJ
Danie Ricciardo

REPUBLIKA.CO.ID, MANAMA -- Pembalap Australia Daniel Ricciardo mengemas waktu tercepat pada akhir sesi latihan pertama Grand Prix Formula 1 Bahrain, Jumat (7/4). Pembalap 28 tahun itu mencatatkan waktu satu menit 31,060 detik memutari Sirkuit Sahir yang memiliki panjang 5,4 kilometer, unggul 0,304 detik dari pengisi pole position tahun lalu Valtteri Bottas.

Kimi Raikkonen yang memperkuat Ferrari berada di urutan ketiga dengan lebih lambat 0,398 detik dari Ricciardo. Dua kandidat peraih gelar dan juara empat kali Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton hanya menduduki urutan keempat dan kelima, untuk Ferrari dan Mercedes.

Vettel memaksimalkan kesempatan untuk meraih kemenangan dari Hamilton pada balapan pembukaan musim di Australia dua pekan silam, untuk menduduki peringkat teratas kejuaraan. Pembalap Britania itu menuju balapan akhir pekan ini untuk meraih kemenangan dan pada prosesnya menyamai rekor Raikkonen yakni finis 27 kali secara beruntun untuk mendapatkan poin.

Bagaimanapun, catatan waktunya pada Jumat sore bukan contoh kecepatan sebenarnya, ketika Hamilton terkunci di Mercedesnya pada lap tercepatnya sebelum kemudian melaporkan bahwa ban-bannya telah 'mati'.

Haas kembali menjadi yang terbaik dari sisanya, di mana pmebalap Prancis Romain Grosjean menduduki catatan waktu tercepat peringkat keenam. Tim AS itu memperlihatkan kecepatan yang mengejutkan di Melbourne namun harus menelan kekecewaan untuk melihat kedua mobilnya harus meninggalkan trek saat berpeluang mencatatkan hasil terbaik.

Pierre Gasly menduduki urutan tercepat ketujuh pada mobil Toro Rosso-nya yang disokong mesin Honda, unggul atas pembalap Renault Carlos Sainz dan mobil Haas kedua yang diawaki Kevin Magnussen. Nico Hulkenberg menutup posisi sepuluh teratas untuk Renault.

Pebalap Belanda Max Verstappen merupakan salah satu mobil Red Bull yang berada di urutan buncit dan ia gagal mengukir catatan waktu. Pembalap 20 tahun itu menghentikan lajunya karena masalah elektrikal hanya beberapa menit menuju sesi, sebelum keluar dan mendorong mobilnya kembali ke pit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement