Rabu 25 Jul 2018 18:09 WIB

Operasi Pasar Daging Ayam Digelar di Tiga Pasar DIY

Harga daging ayam saat ini cukup tinggi sekitar Rp 45 ribu - Rp 50 ribu per kg.

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yusuf Assidiq
Operasi pasar daging ayam di Pasar Demangan, Rabu (25/7).
Foto: Dokumen.
Operasi pasar daging ayam di Pasar Demangan, Rabu (25/7).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY menggelar operasi pasar daging ayam di tiga pasar tradisional. Antara lain di Pasar Kranggan sebanyak 300 kilogram, Beringharjo sebanyak 500 kilogram, dan Demangan sebanyak 300 kilogram). Daging ayam itu dijual Rp 32 ribu per kilogram dan setiap pembeli dibatasi dua kg.

‘’Operasi pasar dibatasi hanya tiga jam dan yang terjual sekitar 60 persen karena belum banyak masyarakat yang tahu,’’ kata  Kepala Seksi Pengadaan dan Penyaluran Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Wahyu Guntur Anggoro, Rabu (25/7).  

Operasi pasar ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemda DIY, berkaitan dengan kondisi harga daging ayam saat ini cukup tinggi sekitar Rp 45 ribu - Rp 50 ribu per kg. "Walaupun secara umum belum bisa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Guntur.

Daging ayam yang digunakan untuk operasi pasar diperoleh dari produsen ayam potong di Sleman yakni PT Saliman. "Untuk operasi pasar ini kami menyubsidi dari CSR Kadin (Kamar Dagang Indonesia) DIY" ujarnya.